Emas Tambah Keuntungannya, Tekanan Inflasi Melemah

0
56
Gold bars 1000 grams. Concept of success in business and finance.

JAVAFX – Pasar emas menambah keuntungan kuat setelah pengumuman kebijakan moneter Federal Reserve terbaru dan setelah data terkini yang menyoroti tekanan inflasi produsen yang lebih lemah dari perkiraan.

Pada hari Kamis (12/12/2019), Departemen Tenaga Kerja AS mengatakan Indeks Harga Produsen (PPI) tidak berubah pada November, menyusul kenaikan 0,4% Oktober; data jauh lebih lemah dari yang diharapkan dengan para ekonom memperkirakan kenaikan 0,2%.

Pada saat yang sama PPI inti, yang menghapus biaya makanan dan energi yang fluktuatif, turun 0,2% bulan lalu, menyusul kenaikan bulan Juli sebesar 0,2%. Ekonom mengharapkan untuk melihat kenaikan 0,2%.

Tekanan inflasi yang mengecewakan memiliki dampak sederhana pada emas, mendorong harga sedikit lebih tinggi pada reaksi awal. Emas berjangka Februari terakhir diperdagangkan pada $ 1,486 per ounce, naik 0,74% pada hari itu.

Menurut beberapa ekonom, data inflasi yang lemah positif untuk emas karena mendukung ekspektasi bahwa Federal Reserve akan mempertahankan suku bunga pada level yang lebih rendah saat ini untuk jangka waktu yang lama.

Para ekonom memperhatikan harga produsen karena merupakan indikator utama untuk harga konsumen. Secara tradisional, perusahaan memberikan biaya yang lebih tinggi kepada pelanggan mereka. (WK)