Emas Turun Lagi, Tertekan Dolar Yang Kembali Menguat

Emas turun lagi pada perdagangan Asia Senin pagi, melepaskan kenaikan yang sempat dibuat di pembukaan perdagangan. Logam emas ini sempat mendapat dukungan setelah laporan data pekerjaan AS yang mengecewakan pada Jumat lalu.

Harga emas berjangka turun tipis 0,12% ke level $1810,85. Dolar AS juga membalikan posisi yang sempat tertekan hingga kembali menguat. Laporan pekerjaan AS hari Jumat periode Januari menunjukkan bahwa pertambahan pekerjaan pertanian berada di 49.000 dan tingkat pengangguran di 6,3%. AS akan merilis data lebih lanjut, termasuk anggaran federal dan indeks harga konsumen, akhir pekan ini.

Di Kongres, perdebatan juga berlanjut untuk paket stimulus $ 1,9 triliun yang diusulkan oleh Presiden AS Joe Biden pada Januari. Menteri Keuangan Janet Yellen juga mengatakan pada hari Minggu bahwa AS dapat kembali bekerja  penuh pada tahun 2022 jika negara tersebut memberlakukan paket bantuan yang cukup kuat.

Untuk emas fisik, permintaan meningkat di China selama seminggu terakhir menjelang liburan Tahun Baru Imlek yang akan datang, sementara penurunan tajam dalam harga domestik menghibur pembeli ritel India.

Harga emas di akhir sesi Asia Senin siang berada di level $1813,00 turun dari level tertingg pagi tad $1818,83. Sedangkan dolar index naik tipis ke level 91,090.

Analisa Fundamental

Latest Articles

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Trump Tegaskan Kembali Kontrol atas Partai Republik, Indikasikan Calonkan Diri untuk Pilpres 2024

Donald Trump mengecam kebijakan Presiden Joe Biden dan menegaskan kembali kepemimpinannya atas Partai Republik pada Konferensi Aksi Politik Konservatif (Conservative Political Action Conference, CPAC)...

Jangan Terlalu Tinggi Berharap Pada Permintaan Minyak China, Cadangannya Hampir Penuh

JAVAFX - Permintaan minyak yang kuat di Asia telah mendukung sentimen bullish di pasar minyak dalam beberapa pekan terakhir, tetapi harga minyak yang lebih...

Ketakutan Investor Mendorong Harga Emas Jeblos Ke Bawah $1.700

JAVAFX - Imbal hasil Obligasi AS melonjak setelah pidato Gubernur Federal Reserve Jerome Powell pada Kamis (04/03/2021) mengirimkan imbal hasil 10-tahun ke atas 1,5%....

Biden Ajukan Program Infrastruktur dalam Pertemuan Bipartisan

Presiden Joe Biden, Kamis (4/3), bertemu dengan anggota Kongres dari Partai Republik dan Demokrat di Ruang Oval dalam upaya mendapatkan dukungan bagi program infrastruktur...

Let us help you

Register for our free Webminar !

Tujuan utama dari layanan webinar ini adalah untuk membekali Anda dengan pengetahuan dan informasi agar dapat menjadi seorang trader pro.

Webinar ini diselenggarakan secara live dengan berbagai topik menarik, mulai dari tutorial platform trading, analisis teknikal, strategi dan robot trading, hingga update berita fundamental yang berdampak besar terhadap pergerakan market dunia.

Hubungi kami di : +6281 380 725 502