EUR/USD Sideways Dekat Paritas Jelang Pengumuman Suku Bunga ECB

0
142

EURUSD bergerak sideways pada perdagangan Kamis karena para trader fokus menunggu pengumuman kenaikan suku bunga ECB. EURUSD sampai awal perdagangan London masih bergerak disekitar 0.99750 – 1.00150. 

ECB secara luas diperkirakan akan menaikkan suku bunga untuk kedua kalinya pada pertemuan di September, dengan sebagian besar analis menunjuk ke kenaikan suku bunga 75bps meskipun kenaikan 50bps juga kemungkinan terjadi juga, karena bank sentral memerangi inflasi yang tinggi dan resesi yang membayangi. Kenaikan 75bps akan mendorong tingkat refinancing utama menjadi 1,25%, menjadi kenaikan ke level tertinggi sejak November 2011. 

Tingkat inflasi tahunan di Kawasan Euro meningkat lebih dari yang diharapkan ke rekor tertinggi baru 9,1% pada bulan Agustus dan kemungkinan akan mencapai level dua digit dalam beberapa bulan mendatang. Pada saat yang sama, krisis energi meningkat setelah Rusia menghentikan aliran gas alam melalui pipa Nord Stream 1 tanpa batas waktu, yang semakin mengancam prospek musim dingin. Indikator ekonomi terbaru sudah menunjukkan kinerja yang lebih lemah, dengan PMI menunjukkan kontraksi dalam aktivitas sektor swasta untuk bulan kedua sementara penjualan ritel dan produksi industri melambat dan kepercayaan di antara konsumen dan bisnis tetap sangat rendah.

Sementara itu bursa-bursa utama di Eropa berada di zona hijau pada hari Kamis, dengan DAX dan STOXX 600 naik hampir 0,5%, dipimpin oleh kenaikan di sektor industri, bahan dasar dan teknologi. Di sisi lain, utilitas adalah hambatan. Pedagang secara luas mengharapkan ECB menaikkan suku bunga untuk kedua kalinya dalam lebih dari sepuluh tahun hari ini. Volatilitas pasar akan berlanjut selama sesi di tengah kehati-hatian dan ketidakpastian mengenai krisis energi, prospek ekonomi, dan prospek bahwa kenaikan biaya pinjaman akan sangat mengganggu pertumbuhan.