Euro Menguat Jelang ECB, Dolar Tertekan Prospek Stimulus

Euro bergerak lebih tinggi pada Kamis sore sebelum pertemuan bank sentral Eropa (ECB), dengan dolar melemah terhadap mata uang utama karena rencana paket stimulus besar-besaran AS memicu optimism pasar dan melemahkan permintaan terhadap mata uang safe haven.

Pasar saham mencapai rekor tertinggi di Wall Street dan di Asia setelah pelantikan presiden, di tengah harapan presiden ke-46 Amerika Serikat itu akan mengamankan paket $ 1,9 triliun untuk menopang ekonomi yang terkena COVID-19.

Indeks dolar tergelincir 0,2% menjadi 90,240, turun untuk hari ketiga setelah menyentuh tertinggi hampir satu bulan di 90,956 pada hari Senin. Euro naik 0,2%, membalikkan penurunan serupa dari sesi sebelumnya, diperdagangkan pada $ 1,2134 sekitar empat jam sebelum pengumuman kebijakan ECB pada pukul 19.45 WIB. “Kami tidak mengharapkan banyak kejutan dari pertemuan Bank Sentral Eropa”, kata ahli strategi ING, meramalkan “hari yang cukup lancar untuk euro”.

Banyak analis memperkirakan dolar akan melanjutkan tren turunnya, yang membuatnya kehilangan hampir 7% pada tahun 2020 di tengah kebijakan moneter AS yang sangat longgar dan harapan untuk pemulihan global pasca pandemi. “Sementara cerita euro yang istimewa tetap tidak menarik (zona euro tidak akan mengungguli ekonomi AS tahun ini dan normalisasi kebijakan ECB adalah cerita yang sangat jauh), kami memperkirakan dinamika dolar yang bearish akan mendominasi”, ahli strategi ING mengatakan. Dolar juga kehilangan 0,1% pada 103,505 yen pada hari Kamis, setelah turun ke level terendah dua minggu di 103,33. Bank of Japan mempertahankan kebijakan moneter tidak berubah pada hari Kamis sementara merevisi perkiraan ekonominya untuk tahun fiskal berikutnya.

Analisa Fundamental

Latest Articles

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Hattrik, Harga Emas Turun Beruntun

JAVAFX - Harga emas mencetak penurunan beruntun dalam tiga hari meskipun baru-baru ini sempat terpental dari posisi intraday di sekitar $ 1.794 menjadi $...

Data Penjualan Rumah AS Tumbuh DIatas Perkiraan

Penjualan rumah baru keluarga tunggal AS naik 4,3% ke tingkat tahunan yang disesuaikan secara musiman 923 ribu di bulan Januari, dari 885 ribu di...

Harga Minyak Akan Naik Sangat Cepat, Bisa 3 Digit Angkanya

JAVAFX - Harga minyak akan naik pada tingkat tercepat sejak 1970-an selama tiga tahun ke depan, demikian dikatakan oleh kata Bank of America (BoA)...

CDC AS Dukung Vaksin COVID-19 Buatan Johnson & Johnson

Panel penasihat Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (AS) (Centers for Disease Control and Prevention/CDC) pada Minggu (28/2) mendukung vaksin Johnson & Johnson. Panel...

Let us help you

Register for our free Webminar !

Tujuan utama dari layanan webinar ini adalah untuk membekali Anda dengan pengetahuan dan informasi agar dapat menjadi seorang trader pro.

Webinar ini diselenggarakan secara live dengan berbagai topik menarik, mulai dari tutorial platform trading, analisis teknikal, strategi dan robot trading, hingga update berita fundamental yang berdampak besar terhadap pergerakan market dunia.

Hubungi kami di : +6281 380 725 502