Euro Menguat Karena Komentar Hawkish Wakil Presiden ECB De Guindos

0
46

Euro naik pada perdagangan Asia dan diawal perdagangan di Eropa pada hari Kamis karena Wakil Presiden Luis De Guindos berkomentar yang sejalan dengan para pejabat Bank Sentral Eropa yang mengakui kemungkinan kenaikan suku bunga pada awal Juli.

Komentar De Guindos mengikuti komentar serupa dari kepala Deutsche Bundesbank Joachim Nagel, dan rekan Belgia dan Latvia Pierre Wunsch dan Martins Kazaks dalam 24 jam terakhir. Keempatnya menghadiri pertemuan musim semi Dana Moneter Internasional. Mereka mewakili perubahan terkoordinasi dalam pesan dari bank setelah Presiden Christine Lagarde mengecilkan kemungkinan kenaikan suku bunga lebih awal pada konferensi persnya minggu lalu.

Euro naik 0,76% ke level $1.09300an, tertinggi dalam seminggu. Sebelumnya pasangan EURUSD  telah mencapai level terendah 20-bulan di $1,0757 setelah konferensi pers Lagarde pada hari Kamis.

Newswires mengutip De Guindos yang mengatakan bahwa “tidak ada alasan” mengapa bank tidak dapat mengakhiri pembelian aset bersihnya pada bulan Juli, yang akan membuka jalan bagi kenaikan suku bunga segera setelahnya. Namun, dia menekankan bahwa setiap kenaikan suku bunga akan “bergantung pada data,” mengingat bahwa risiko terhadap prospek ekonomi telah meningkat pesat dengan invasi Rusia ke Ukraina. Awal pekan ini, IMF telah menurunkan perkiraan pertumbuhan untuk Zona Euro tahun ini menjadi 2,8% dari perkiraan sebelumnya 3,9%. Inflasi, sementara itu, berjalan pada level tertinggi sepanjang masa untuk mata uang tunggal di 7,5%, meskipun De Guindos mengatakan dia memperkirakan akan moderat pada akhir tahun.

Semalam, Gubernur Bank Nasional Belgia Wunsch mengatakan kepada Bloomberg dalam sebuah wawancara bahwa urutan kenaikan suku bunga tahun ini mungkin terjadi. “Tanpa ada berita buruk yang datang dari depan, mendaki pada akhir tahun ini ke wilayah nol atau sedikit positif bagi saya bukanlah hal yang sulit,” kata Wunsch. Pada hari Rabu, sementara itu, kepala Bundesbank Nagel mengatakan “Tampaknya kita akan dapat mengakhiri pembelian bersih, mungkin sudah pada akhir kuartal kedua,” membuka jalan untuk kenaikan suku bunga pertama “pada awal kuartal ketiga. .”