Fed Belum Siap untuk Pemotongan Bulan Maret

0
56
dolar naik jelang pertemuan Fed

Federal Reserve mempertahankan suku bunga The Fed tidak berubah pada level tertinggi dalam 23 tahun di 5,25%-5,5% pada pertemuan akhir Januari 2024, sesuai dengan ekspektasi. Para pembuat kebijakan menambahkan bahwa mereka tidak memperkirakan akan tepat untuk menurunkan suku bunga sampai mereka mendapatkan keyakinan yang lebih besar bahwa inflasi akan bergerak secara berkelanjutan menuju angka 2%.

Selama konferensi pers, Ketua Powell mengatakan akan tepat untuk mulai menurunkan suku bunga pada tahun ini tetapi bank sentral akan terus mengambil keputusan berdasarkan pertemuan demi pertemuan dan menurutnya penurunan suku bunga pada bulan Maret tidak mungkin terjadi. Sementara itu, The Fed menghapus referensi kenaikan suku bunga lebih lanjut dari pernyataan tersebut, dengan mengatakan bahwa risiko dalam mencapai target lapangan kerja dan inflasi sudah berada pada keseimbangan yang lebih baik.

Namun Fed menyatakan bahwa pihaknya akan siap untuk menyesuaikan sikap kebijakan moneter sebagaimana mestinya jika risiko muncul dan dapat menghambat pencapaian tujuan tersebut. Bank sentral mencatat bahwa inflasi telah menurun selama setahun terakhir namun tetap tinggi.

Kontrak berjangka mengurangi ekspektasi penurunan suku bunga pada bulan Maret menjadi 35,5% dari 90% pada akhir tahun 2023, tetapi meningkatkan peluang penurunan suku bunga pada bulan Mei menjadi 96%, menurut aplikasi probabilitas suku bunga IRPR LSEG.

Para trader memperkirakan penurunan suku bunga The Fed sebesar 142 basis poin (bps) untuk tahun ini, naik dari perkiraan penurunan sebesar 130 basis poin (bps) pada Rabu pagi.