Fokus Pasar Minggu Ini : Penandatanganan Kesepakatan Dagang AS-China Fase Satu

JAVAFX – Pada pekan ini perhatian pelaku pasar keuangan global akan beralih ke agenda kesepakatan perdagangan AS dan China fase satu yang rencananya pada Rabu 15 Januari 2020. Pihak AS melalui Menteri Keuangan, Steve Mnuchin sudah memberikan pernyataan dan konfirmasi bahwa komitmen China dalam perjanjian perdagangan fase satu tidak berubah selama proses penerjemahan yang panjang dan akan dirilis minggu ini di Washington.

Namun, Reuters melaporkan dan mencatat bahwa sejauh ini, Beijing belum mengkonfirmasi komitmen perdagangan tersebut.

Gold Trading

Secara keseluruhan, perjanjian fase satu akan menjadi berita baik bagi pasar dan menyingkirkan masalah di Timur Tengah, untuk saat ini. Namun, mengingat penandatanganan kesepakatan safe satu sudah ditetapkan harganya,tidak bergitu jelas seberapa jauh pasar akan menjawab fakta tersebut.

Selain itu, tarif impor Cina senilai sekitar $ 370 miliar per tahun masih akan diberlakukan dan tidak akan ditangani sampai Fase-dua negosiasi, mencakup masalah yang lebih berat yang tidak tersentuh oleh kesepakatan perdagangan Fase 1 dan yang kemungkinan akan memicu ketegangan baru yang dapat berdampak buruk pada pasar, mendukung mata uang risk-off seperti yen dan membebani Aussie.