Pembicaraan Diplomatik AS – Korea Utara Siap Dilanjut

JAVAFX – Dalam situs web berita Axios menjelaskan bahwa Amerika Serikat mengatakan akan berdiskusi dengan Korea Utara (Korut) dalam waktu dekat ini dengan memulai kembali perundingan diplomatik yang sempat terhenti pada Oktober lalu.

Penasihat Keamanan nasional Gedung Putih Robert O’Brien menyatakan bahwa Washington ingin mendapatkan negosiasi dengan Pyongyang “kembali ke jalur” dan menerapkan beberapa komitmen dibawah pemimpin Kim Jong Un terhadap denuklirisasi di Semenanjung Korea.

O’Brien menjelaskan bahwa optimisme pasar sangat berhati-hati tentang fakta bahwa Kim belum memberikan “hadiah Natal” seperti yang dijanjikan pada AS. Kedua negara telah membuat sedikit kemajuan dalam pembicaraan mereka untuk membongkar program nuklir dan rudal Korea Utara. Pada bulan Desember lalu, Kim mengatakan akan terus mengembangkan pencegah nuklir negaranya dan memperkenalkan senjata strategis baru dalam waktu dekat. Ancamannya datang setelah dia mengatakan AS tidak menanggapi seruan Korea Utara yang berulang kali untuk konsesi untuk membuka kembali perundingan sebelum akhir 2019.

Pemimpin Korea Utara itu mengatakan pada bulan April lalu akan menunggu hingga akhir tahun 2019 bagi Washington untuk mengubah pendekatannya terhadap pembicaraan denuklirisasi dengan Pyongyang, tetapi itu telah menjadi status quo sejak itu dan para analis memperingatkan bahwa Kim selalu setia pada janjinya.

Presiden AS Donald Trump mengirim ucapan selamat ulang tahun kepada pemimpin Korea Utara pekan lalu, tetapi penasihat kementerian luar negeri negara itu mengatakan perasaan pribadi Kim tidak cukup untuk kembali ke diplomasi pada masa lalu.

Pada November, Korea Utara menembakkan dua proyektil jarak pendek ke laut di lepas pantai timurnya. Di bawah komando Kim, negara tertutup itu telah melakukan uji coba nuklir paling kuat, dengan meluncurkan rudal balistik antarbenua yang pertama dan mengancam akan mengirim rudal ke perairan dekat Guam.

Analisa Fundamental

Latest Articles

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Harga Minyak Naik Dibayangi Kekhawatiran Permintaan

JAVAFX - Meskipun minyak mengalami kenaikan yang signifikan selama beberapa minggu terakhir, ketidakpastian permintaan terus mempengaruhi harga. Merebaknya gelombang kedua virus Covid-19 baru di...

Jajak Pendapat AP-NORC: Popularitas Biden Konsisten

Jajak pendapat oleh AP-NORC menunjukkan optimisme orang Amerika secara keseluruhan semakin meningkat mengenai keadaan negara mereka. Lima puluh empat persen mengatakan negara itu berada di...

Biden Dorong Rencana Pemulihan Ekonomi untuk Atasi Lambatnya Pertumbuhan Kerja

Presiden Amerika Joe Biden akan bertemu dengan para anggota Senat minggu ini untuk mencari kesamaan dalam rencana pemulihan ekonominya, yang mencakup pengeluaran untuk infrastruktur,...

Iran Siap Kerja Sama Dengan IAEA, Harga Minyak Makin Kuat

JAVAFX - Presiden Iran mengatakan bangsa mereka mungkin mempertimbangkan untuk memperluas kerjasama dengan the International Atomic Energy Agency (Badan Energi Atom Internasional ) untuk...

Let us help you

Register for our free Webminar !

Tujuan utama dari layanan webinar ini adalah untuk membekali Anda dengan pengetahuan dan informasi agar dapat menjadi seorang trader pro.

Webinar ini diselenggarakan secara live dengan berbagai topik menarik, mulai dari tutorial platform trading, analisis teknikal, strategi dan robot trading, hingga update berita fundamental yang berdampak besar terhadap pergerakan market dunia.

Hubungi kami di : +6281 380 725 502