Fokus Utama Pasar Forex Gold Minggu Ini – ECB dan Data Inflasi AS

0
119

Perang Rusia-Ukraina masih menjadi sorotan utama semua pelaku pasar diseluruh dunia yang telah memicu naiknya harga komoditas minyak dan emas.

Selain itu jangan lupakan ada agenda ekonomi utama pada minggu ini yang akan menjadi penggerak pada mata uang utama dan juga emas.

Data ekonomi utama :

  1. Keputusan kebijakan moneter Eropa (ECB) –  Kamis 10 Maret 2022 pkl 19.30 WIB

Keputusan kebijakan moneter ECB  – Terlepas dari keterbukaan Presiden ECB Lagarde untuk menaikkan suku bunga tahun ini, bank sentral ingin menyeimbangkan risiko bersaing dari rekor inflasi dan aktivitas ekonomi yang mandek.

Pasar tidak mengharapkan Bank Sentral Eropa (ECB) untuk membuat perubahan kebijakan apa pun bulan ini, jadi fokus kemungkinan akan beralih ke revisi pertumbuhan ekonomi dan perkiraan inflasi bank sentral di tengah invasi Rusia ke Ukraina.

Jika ECB memutuskan menaikan suku bunga, maka memberikan dampak penguatan kepada mata uang EUR

2. Data Inflasi Konsumen AS (CPI) –  Kamis  10 Maret 2022, pkl  20.30 WIB

Laporan Indeks Harga Konsumen (CPI) AS – Inflasi AS melonjak ke level tertinggi 40 tahun di 7,5% pada Januari karena harga energi yang lebih tinggi bercampur dengan kekurangan tenaga kerja, gangguan pasokan, dan permintaan konsumen yang lebih kuat.

Tekanan harga diperkirakan akan meningkat (+7,9%) di bulan Februari berkat harga komoditas yang lebih tinggi dan gangguan pasokan yang masih mendorong harga lebih tinggi.

Laporan CPI adalah salah satu rilis data terakhir sebelum pertemuan Fed Maret di mana pasar mengharapkan setidaknya kenaikan suku bunga 25-bp. Laporan inflasi yang lebih kuat dari perkiraan akan mendukung ekspektasi bahwa kenaikan suku bunga bulan Maret hanya akan menjadi yang pertama dalam “rangkaian” kenaikan suku bunga Fed pada tahun 2022.

Inflasi yang tinggi menjadi factor melemahkan dollar AS dan memompa harga emas melesat naik sejak akhir tahun lalu.