Fraksi Demokrat, Pengacara Trump Paparkan Argumen Jelang Sidang Pemakzulan

Anggota DPR dari Partai Demokrat yang membawahi isu pemakzulan dan tim pengacara Donald Trump hari Selasa (2/2) membeberkan argumen mereka dalam laporan terpisah menjelang sidang pemakzulan mantan presiden itu di Senat minggu depan.

Trump dituduh menghasut pemberontakan dan aksi kekerasan di Gedung Kongres pada 6 Januari lalu.

Penuntut dari pihak Demokrat menuduh Trump membahayakan nyawa semua anggota Kongres dan mengacaukan proses demokrasi ketika dia menghasut pendukungnya yang berkumpul di kawasan Kongres bagaikan “meriam yang dimuati bahan peledak” guna mencoba mencegah pengesahan Joe Biden sebagai pemenang pemilu presiden.

Namun, pengacara Trump menampik tuduhan itu dan menilai pemakzulan ini tidak konstitusional.

Tim pengacaranya mengatakan tidak ada preseden untuk mengadili seorang presiden setelah dia meninggalkan jabatannya.

Mereka juga mengatakan, mantan presiden itu tetap berpendapat bahwa hasil pemilihan ini “mencurigakan” dan pernyataannya itu dilindungi oleh Amandemen Pertama Konstitusi Amerika.

Penyampaian pandangan singkat ini memberi gambaran bagaimana kedua pihak akan menyajikan kasus masing-masing ke Senat mulai Selasa minggu depan (9/2).

Sidang pemakzulan ini pada akhirnya akan memutuskan apakah akan menjatuhkan hukuman terhadap mantan presiden itu dan melarangnya untuk berpolitik dan memegang sebuah jabatan di pemerintahan.

Sidang di Senat AS ini direncanakan akan berlangsung sekitar satu minggu.

Analisa Fundamental

Latest Articles

Get the daily news in your inbox

Related Articles

CDC AS Dukung Vaksin COVID-19 Buatan Johnson & Johnson

Panel penasihat Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (AS) (Centers for Disease Control and Prevention/CDC) pada Minggu (28/2) mendukung vaksin Johnson & Johnson. Panel...

PM Johnson: Pembukaan kembali sekolah langkah menuju kenormalan

Pembukaan kembali sekolah-sekolah di Inggris untuk semua siswa pada Senin akan menandai langkah pertama kembali ke arah normalitas, dan hanya mungkin karena upaya masyarakat...

Biden tandai peringatan Selma, perluas akses mencoblos

Presiden Amerika Serikat Joe Biden akan menandatangani perintah eksekutif pada Minggu yang dirancang untuk memudahkan warga Amerika memilih, ketika Partai Republik di seluruh negara...

Serang Biden, Trump Isyaratkan Akan Calonkan Diri Lagi 2024

Kurang dari enam minggu setelah meninggalkan jabatan, mantan presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump pada Minggu (28/2) melancarkan serangkaian serangan terhadap penerusnya. Trump mengatakan Presiden...

Let us help you

Register for our free Webminar !

Tujuan utama dari layanan webinar ini adalah untuk membekali Anda dengan pengetahuan dan informasi agar dapat menjadi seorang trader pro.

Webinar ini diselenggarakan secara live dengan berbagai topik menarik, mulai dari tutorial platform trading, analisis teknikal, strategi dan robot trading, hingga update berita fundamental yang berdampak besar terhadap pergerakan market dunia.

Hubungi kami di : +6281 380 725 502