G7 Percepat Pembatasan Harga Minyak Rusia, Moskow Ancam Hentikan Pasokan Ke Eropa

Kelompok G7 pada hari Jumat (02/09/2022) sepakat untuk menyelesaikan dan menerapkan batas harga minyak Rusia, yang bertujuan untuk mengurangi pendapatan minyak Vladimir Putin bagi modal perangnya. Para menteri keuangan G7 menegaskan bahwa mereka akan menyelesaikan dan menerapkan aturan “larangan komprehensif layanan yang memungkinkan transportasi laut minyak mentah dan produk minyak asal Rusia secara global – penyediaan layanan tersebut hanya akan diizinkan jika minyak dan produk minyak dibeli di bawah batas harga yang ditentukan oleh koalisi secara luas dan oleh negara-negara yang menganut dan menerapkan batas harga.”

G7 mengundang semua negara untuk memberikan masukan tentang desain batas harga, mencari untuk memiliki “koalisi yang luas untuk memaksimalkan efektivitas dan mendesak semua negara yang masih berusaha untuk mengimpor minyak dan produk minyak Rusia untuk berkomitmen untuk melakukannya hanya dengan harga. pada atau di bawah batas harga.”

China dan India, pembeli terbesar minyak Rusia sejak Barat mulai menghindari minyak mentah Moskow setelah invasi ke Ukraina, akan sangat penting untuk keberhasilan penerapan batas harga, tetapi tidak jelas apakah salah satu atau kedua negara akan bergabung dengan inisiatif G7.

“Dengan berkomitmen untuk menyelesaikan dan menerapkan batas harga, G7 akan secara signifikan mengurangi sumber pendanaan utama Rusia untuk perang ilegalnya, sambil mempertahankan pasokan ke pasar energi global dengan menjaga minyak Rusia mengalir dengan harga lebih rendah,” kata A.S. Menteri Keuangan Janet Yellen mengatakan. “Saya berharap dapat bekerja dengan sekutu G7 kami – serta mitra koalisi baru – saat kami bergerak cepat untuk menyelesaikan penerapan batas harga di minggu-minggu mendatang,” tambahnya.

Sebaliknya, Rusia dikabarkan tidak akan menjual minyaknya ke negara-negara yang memilih untuk mematuhi batas harga. “Perusahaan yang memberlakukan batasan harga tidak akan termasuk di antara penerima minyak Rusia,” kata juru bicara Kremlin Dmitry Peskov seperti dikutip pada hari Jumat, mengulangi komentar serupa dari Wakil Perdana Menteri Rusia Alexander Novak dari hari Kamis. Rusia juga memperingatkan Eropa pada hari Jumat bahwa mereka dapat menghentikan aliran gas alam jika UE memutuskan untuk mengenakan batasan harga pada gas pipa Rusia, seperti yang disarankan oleh Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen.

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Share this post

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.