Gedung Putih: Percakapan Telepon Biden-Macron Bersahabat

Gedung Putih mengatakan Presiden Joe Biden pada Rabu (22/9) telah berbicara melalui telepon selama sekitar setengah jam dengan Presiden Prancis Emanuel Macron.

Percakapan tersebut merupakan yang pertama setelah Amerika Serikat (AS) bersama dengan Inggris dan Australia membentuk aliansi baru yang dinamakan AUKUS.

Nada percakapan kedua pemimpin, kata sekretaris pers Gedung Putih Jen Psaki, cukup “bersahabat.” Biden memahami keluhan Macron tentang kesepakatan kapal selam dengan Australia yang membuat hubungan kedua sekutu lama itu menjadi kacau.

Psaki mengatakan Biden berharap percakapan telepon itu menjadi “langkah kembali menuju hubungan yang normal dalam jangka panjang dan penting antara Amerika dan Prancis.” Dalam percakapan itu, Psaki menambahkan, kedua pemimpin sepakat bahwa duta besar Prancis akan kembali ke Washington minggu depan dan bahwa Biden dan Macron akan bertemu di Eropa pada akhir Oktober.

Dalam langkah yang belum pernah terjadi, Prancis menarik duta besarnya setelah Amerika, Australia, dan Inggris mengumumkan kesepakatan baru pertahanan Indo-Pasifik pekan lalu.

Bagian dari pakta itu, Australia membatalkan kontrak miliaran dolar untuk membeli kapal selam bertenaga diesel dari Prancis, menggantinya dengan kapal selam bertenaga nuklir dari Amerika.

Ditanya apakah Biden meminta maaf kepada Macron, Psaki menepiskan pertanyaan itu, dan menjawab “dia mengakui bahwa mungkin seharusnya ada konsultasi yang lebih mendalam.”

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Share this post

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.