Hakim Tolak Klaim Trump Soal Imunitas dari Kasus Kriminal

Seorang hakim Amerika Serikat pada Jumat (1/12) memutuskan bahwa Donald Trump tidak memiliki hak imunitas dari kasus kriminal untuk sejumlah aksi yang ia lakukan semasa menjabat sebagai presiden.

Hakim tersebut menolak upaya sang mantan presiden untuk membuatnya terbebas dari kasus konspirasi untuk membalikkan hasil pemilu 2020.

Hakim distrik Tanya Chutkan di Washington tidak menemukan basis hukum yang menyatakan bahwa presiden AS tidak dapat menerima dakwaan kriminal ketika sudah meninggalkan jabatannya.

Trump, yang merupakan kandidat terdepan untuk mewakili Partai Republik pada pilpres 2024, dapat langsung mengajukan banding atas putusan tersebut.

Jika langkah itu ia ambil, persidangan kasus tersebut akan ditunda dan berpotensi akan berlanjut hingga ke Mahkamah Agung.

Sidang kasus konspirasi pemilu tersebut dijadwalkan mulai pada Maret.

Keputusan Chutkan tersebut membuat Trump semakin dekat untuk menghadapi juri dalam dakwaan di mana ia diduga berencana untuk mempengaruhi perhitungan suara dan menghambat sertifikasi Kongres terhadap kemenangan Biden.

Trump mengaku tidak bersalah dalam kasus tersebut dan menuduh jaksa penuntut telah berupaya untuk menggagalkan kampanyenya.

Kasus tersebut merupakan satu dari empat kasus yang ia hadapi di tengah upaya pencalonannya kembali.

Departemen Kehakiman AS telah lama memiliki kebijakan internal untuk tidak mendakwa presiden yang masih menjabat, namun jaksa penuntut mengatakan kebijakan itu tidak berlaku saat seorang presiden telah meninggalkan Gedung Putih.

Tim kuasa hukum Trump mengklaim bahwa kliennya itu memiliki “imunitas absolut” dari dakwaan terkait tindakan yang ia ambil selama ia menjabat.

Mereka berargumen bahwa lawan politik dapat menggunakan ancaman dakwaan kriminal untuk mengganggu urusan seorang presiden.

Tim kuasa hukum Trump berpendapat bahwa imunitas yang dimiliki presiden AS dari gugatan sipil harus diperluas hingga mencakup dakwaan kriminal.

Jaksa penuntut berpendapat bahwa argumen Trump akan membuat presiden AS berada di atas hukum, dan hal itu melanggar prisip dasar dari Konstitusi AS

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Share this post

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.