Hal-hal yang Diharapkan dari Lawatan Biden ke Asia

Presiden Amerika Serikat Joe Biden, pada Kamis (19/5), akan memulai perjalanan ke Korea Selatan dan Jepang, yang menjadi kunjungan pertamanya ke Asia sejak menjabat sebagai presiden, menyusul pertemuan puncaknya dengan para pemimpin Asia Tenggara di Gedung Putih pada pekan lalu.

Di Seoul, Biden akan bertemu dengan Presiden Korea Selatan yang baru dilantik Yoon Suk Yeol, dengan isu uji coba rudal balistik dan wabah virus corona di Korea Utara membayangi pertemuan tersebut.

Sementara itu di Tokyo, Biden akan berpartisipasi dalam KTT kemitraan Quad dengan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida, Perdana Menteri India Narendra Modi, dan Perdana Menteri Scott Morrison atau pesaingnya Anthony Albanese, tergantung pada siapa yang memenangkan pemilihan Australia pada Sabtu (21/5) ini.

Pertemuan Quad ini merupakan pertemuan yang keempat dan sesi tatap muka langsung kedua sejak aliansi tersebut dihidupkan kembali pada 2017 untuk melawan pengaruh China di wilayah Indo-Pasifik.

Perhatian khusus pemerintahan Biden di wilayah Indo-Pasifik adalah sinyal yang jelas bahwa kawasan itu tetap menjadi prioritasnya dan China merupakan tantangan strategis terbesarnya, bahkan selagi Amerika merespons huru-hara terkait invasi Rusia ke Ukraina.

Jake Sullivan, penasihat keamanan nasional Biden, menggolongkan pembangunan koalisi trans-Atlantik dan trans-Pasifik secara bersamaan sebagai “integrasi” dan “simbiosis” dalam strategi.

“Kapasitas unik Presiden Biden untuk benar-benar menyatukan keduanya, saya pikir, akan menjadi ciri khas kebijakan luar negerinya,” kata Sullivan kepada para wartawan, pada Kamis (19/5).

Lawatan Biden ini akan menyampaikan “visi afirmatif tentang seperti apa dunia jika negara-negara demokrasi dan masyarakat yang terbuka di dunia berdiri bersama untuk membentuk aturan berperilaku, untuk menentukan arsitektur keamanan kawasan, untuk memperkuat aliansi bersejarah yang kuat, kokoh dan bersejarah,” kata Sullivan.

“Kami pikir itu akan didengar di Beijing,” tambahnya.

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Share this post

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.