Harapan Langkah Stimulus Topang Indeks Acuan Shanghai

Indeks saham blue-chip China jatuh pada hari Kamis, terbebani oleh perusahaan perawatan kesehatan, teknologi dan konsumen namun indeks acuan Shanghai naik atas harapan investor pada data ekonomi yang lemah membuat Beijing meluncurkan langkah-langkah dukungan lebih lanjut.

Pada istirahat tengah hari, indeks blue-chip CSI300 China turun 0,28% dan indeks Shanghai Composite naik 0,55% di level 3.586,65 poin. Saham-H China yang terdaftar di Hong Kong naik 0,55% di level 9.322,33, sedangkan indeks Hang Seng naik 0,08% pada level 26.047,95.

China kemungkinan akan mempercepat pengeluaran fiskal dan pertumbuhan kredit karena melambatnya pemulihan ekonomi, namun investor mengharapkan langkah-langkah pelonggaran dari Beijing menjadi sasaran yang tepat karena Federal Reserve AS bersiap untuk mengurangi stimulusnya.

Sektor kebutuhan pokok konsumen turun 1,24%, sub-indeks perawatan kesehatan turun 2,68% dan perusahaan teknologi informasi turun 1,56%.

Sub-indeks hiburan tergelincir 0,15% karena China memperluas langkah tegas terhadap industri hiburannya pada hari Kamis, mengatakan kepada penyiar untuk melarang artis dengan “posisi politik yang salah” dan gaya banci dari pertunjukan, dan mengatakan “suasana patriotik” perlu dikembangkan.

China sedang memberlakukan tindakan peraturan keras untuk membangun ekonomi pasar yang makmur dan kritik dari Amerika Serikat dan Barat bahwa mereka mengambil “langkah mundur” adalah fitnah, surat kabar yang didukung negara, Global Times mengatakan pada hari Selasa.

Indeks Shenzhen naik 0,23%, indeks start-up ChiNext Composite melemah 1,21% dan indeks STAR50 Shanghai yang berfokus pada teknologi turun 1,33%.

Sementara itu pasar ekuitas di kawasan Asia diperdagangkan beragam, dengan indeks saham MSCI Asia tidak termasuk Jepang melemah 0,12%, sementara indeks Nikkei Jepang naik 0,32%.

Di sisi mata uang, yuan terpantau berada pada level 6,4624 per dolar AS, sedikit melemah 0,03% dari penutupan sebelumnya di 6,4605.

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Share this post

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.