Harapan Pada Pemerintah Baru, Bursa Jepang Melambung Tanpa Ragu

Indeks Nikkei Jepang mencapai level tertingginya dalam kurun waktu enam bulan terakhir pada hari Jumat dan indeks Topix yang lebih luas menyentuh level terbaiknya sejak 1990, memperpanjang kenaikan mereka sejak akhir Agustus di tengah harapan atas pemerintahan baru dan kelanjutkan peningkatan dalam pendapatan.

Berita bahwa Presiden AS Joe Biden dan Presiden China Xi Jinping telah mengadakan pembicaraan melalui telepon juga mendukung rapat umum tersebut dengan meredakan kekhawatiran tentang meningkatnya ketegangan Tiongkok-AS.

Indeks Nikkei Average 225 naik 1,25% ke level 30.381,84, ini merupakan kenaikan untuk sesi kesembilan dalam sepuluh sesi terakhir. Untuk minggu ini, Nikkei naik 4,3%. Sementara indeks Topix naik 1,29% dan melambung ke level 2.091,65.

Harapan bahwa seorang pemimpin baru di partai berkuasa Jepang yang dominan akan mengompilasi stimulus ekonomi dan mengamankan kemenangan pemilihan yang menentukan telah mendorong harga saham setelah Perdana Menteri Yoshihide Suga yang tidak populer ajukan pengunduran diri pekan lalu.

Harapan tumbuh bahwa menteri vaksin Taro Kono kemungkinan akan memenangkan perlombaan kepemimpinan Partai Demokrat Liberal akhir bulan ini.

Prospek pendapatan perusahaan Jepang akhir-akhir ini juga telah meningkat, ini tak lepas upaya vaksinasi negara itu semakin dekat dengan negara maju lainnya.

Sektor keuangan termasuk di antara yang berhasil mencatat kenaikan tertinggi setelah SBI Holdings mengumumkan tawaran untuk membeli saham mayoritas di Shinsei Bank dalam upaya yang tidak diminta untuk mengambil kendali efektif dari pemberi pinjaman tersebut. Saham SBI naik 7,6% sementara Shinsei Bank melonjak 20,8% setelah tidak diperdagangkan dengan banyak tawaran untuk sebagian besar hari itu.

Di sisi lain, saham Eisai turun 8,7% menyusul penurunan saham Biogen Inc setelah mengatakan peluncuran obat Alzheimer, yang telah dikembangkan kedua perusahaan, lebih lambat dari yang diperkirakan semula.

Nipro turun 7,7% setelah perusahaan peralatan medis mengumumkan penjualan obligasi konversi senilai 30 miliar yen ($273,47 juta), yang dapat menyebabkan pengenceran 13%.

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Share this post

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.