Harapan Pasar Pada BoE Dorong Sterling Menguat

Sterling capai level tertinggi dua minggu pada hari Kamis, membangun kenaikan dari sesi sebelumnya, karena para pelaku pasar fokus pada harapan perang perdagangan pasca-Brexit dengan Uni Eropa akan dihindari dan ekspektasi Bank of England akan menaikkan suku bunga tahun ini.

Dua pejabat BoE diharapkan memberikan pidato di kemudian hari dan investor akan mengamati dengan cermat tanda-tanda bahwa pasar lebih maju dalam memperkirakan kenaikan suku bunga sebelum akhir tahun.

Menghadapi kenaikan inflasi, BoE tampaknya akan menjadi bank sentral besar pertama yang menaikkan suku bunga sejak awal pandemi.

Pound melonjak terhadap dolar pada hari Senin setelah gubernur BoE Andrew Bailey menekankan perlunya langkah pencegahan inflasi secara permanen, dan sesama pembuat kebijakan Michael Saunders mengatakan rumah tangga harus bersiap untuk kenaikan suku bunga “secara signifikan lebih awal”.

Pada hari Kamis, sterling naik 0,30% versus dolar menjadi $1,3704. Terhadap euro, sterling naik 0,11% ke level 84,78 setelah sempat menyentuh level tertinggi dua bulan.

Bagi beberapa analis, negosiasi dengan Brussel untuk memudahkan transit barang ke Irlandia Utara dan ketegangan umum pasca-Brexit kemungkinan akan membatasi sterling Inggris.

Sejauh ini, proposal UE untuk memangkas dokumen dan pemeriksaan makanan dan obat-obatan yang masuk ke Irlandia Utara dari daratan Inggris disambut dengan hati-hati.

Sejauh indikator ekonomi yang bersangkutan, data minggu ini, termasuk angka pekerjaan Inggris untuk September relatif sesuai dengan perkiraan. Ekonomi Inggris tumbuh 0,4% pada Agustus, membuatnya hanya 0,8% lebih rendah dibandingkan Februari 2020, Kantor Statistik Nasional mengatakan pada hari Rabu.

Dalam survei Reuters, para ekonom memperkirakan produk domestik bruto bulanan Inggris tumbuh 0,5% untuk Agustus.

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Share this post

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.