Harapan Stimulus Topang Emas Lampaui Penguatan Dolar

Harga emas beringsut menguat di sesi perdagangan Selasa setelah mencapai level terendah satu setengah bulan pada sesi sebelumnya. Penguatan emas tak lepas dari harapan stimulus global lanjutan guna membendung korban ekonomi dampak dari pandemi COVID-19 melawan penguatan dolar.

Emas Spot naik 0,1% menjadi $1,838.51 per ounce. Pada perdagangan sesi Senin, harga emas telah turun ke level terendah sejak 2 Desember di $1.809,90. Emas berjangka AS naik 0,4% menjadi $1,836,50.

Janet Yellen, akan memberi tahu Komite Keuangan Senat pada hari Selasa bahwa pemerintah harus “bertindak besar” dengan paket bantuan virus korona berikutnya. Biden telah menguraikan proposal paket stimulus senilai $ 1,9 triliun untuk memulai ekonomi yang dilanda virus. Yellen merupakan kandidat Presiden terpilih AS Joe Biden yang akan memimpin Menteri Keuangan AS.

Dolar AS mencapai level tertinggi empat minggu terhadap mata uang saingan di sesi sebelumnya. Indeks dolar turun 0,1% menjadi 90,690 di awal sesi Asia, setelah naik tipis ke level 90,94 pada perdagangan sesi semalam. Kenaikan pertama kalinya sejak 21 Desember.

Penguatan dolar ini terjadi di tengah harapan pasar terhadap calon Menteri Keuangan AS Janet Yellen. Yellen diharapkan menegaskan komitmen yang lebih tradisional untuk nilai mata uang yang ditetapkan pasar ketika dia bersaksi di Capitol Hill nanti.

Sementara itu pada perdagangan logam lainnya, perak turun 1,1% menjadi $25,05 per ounce. Platinum naik 1,3% menjadi $1.092,65, sementara paladium turun 0,3% menjadi $2.363,89.

Analisa Fundamental

Latest Articles

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Biden serukan negara-negara bagian prioritaskan vaksin bagi para guru

Presiden Joe Biden, pada Selasa (2/3) menyerukan agar negara-negara bagian di Amerika Serikat memprioritaskan vaksinasi COVID-19 terhadap para guru untuk memastikan agar anak-anak dapat...

Biden tandai peringatan Selma, perluas akses mencoblos

Presiden Amerika Serikat Joe Biden akan menandatangani perintah eksekutif pada Minggu yang dirancang untuk memudahkan warga Amerika memilih, ketika Partai Republik di seluruh negara...

Trump Tegaskan Kembali Kontrol atas Partai Republik, Indikasikan Calonkan Diri untuk Pilpres 2024

Donald Trump mengecam kebijakan Presiden Joe Biden dan menegaskan kembali kepemimpinannya atas Partai Republik pada Konferensi Aksi Politik Konservatif (Conservative Political Action Conference, CPAC)...

CDC AS Dukung Vaksin COVID-19 Buatan Johnson & Johnson

Panel penasihat Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (AS) (Centers for Disease Control and Prevention/CDC) pada Minggu (28/2) mendukung vaksin Johnson & Johnson. Panel...

Let us help you

Register for our free Webminar !

Tujuan utama dari layanan webinar ini adalah untuk membekali Anda dengan pengetahuan dan informasi agar dapat menjadi seorang trader pro.

Webinar ini diselenggarakan secara live dengan berbagai topik menarik, mulai dari tutorial platform trading, analisis teknikal, strategi dan robot trading, hingga update berita fundamental yang berdampak besar terhadap pergerakan market dunia.

Hubungi kami di : +6281 380 725 502