Harga Emas Catat Kenaikan Sepekan, Terkoreksi Di Akhir Pekan

JAVAFX – Harga emas berakhir lebih rendah pada Jumat (10/07/2020), tetap bertahan di atas $ 1.800 per ounce, bahkan mencetak kenaikan sepanjang lima minggu beruntun. Harga emas untuk kontrak pengiriman bulan Agustus turun $ 1,90, atau 0,1%, menetap di $ 1,801.90 per ounce di Comex.

Gold Trading

Kenaikan harga didapatkan dari kekhawatiran akan penyebaran virus corona di sejumlah negara bagian AS dan negara lain. Permintaan emas sebagai aset lindung nilai terhadap risiko di tengah ketidakpastian prospek ekonomi berkelanjutan.

Pada perdagangan sebelumnya, harga emas berjangka berakhir lebih rendah pada hari Kamis, menarik kembali setelah mencetak penyelesaian Rabu pada level tertinggi sejak September 2011, tetapi logam surga bertahan di atas $ 1.800 per ounce setelah data menunjukkan mingguan AS. klaim tunjangan pengangguran tetap jauh di atas 1 juta.

Setelah mencapai ke harga tertinggi dalam sembilan tahun, harga emas mengalami koreksi teknis. Harga bahkan bisa kembali ke wilayah $ 1.780 – $ 1.765 sebelum sentiment bullish mengumpulkan momentum baru oleh aksi penghindaran risiko.

Untuk minggu ini, emas naik sekitar 0,7%, yang merupakan sesi terakhir minggu ini karena liburan Hari Kemerdekaan. Logam sekarang telah menghitung kenaikan mingguan kelima berturut-turut, dan diperdagangkan lebih dari 18% untuk tahun ini.

Emas juga telah mempertahankan daya tariknya di tengah kekhawatiran bahwa upaya stimulus agresif dapat memicu tekanan inflasi. Goldman Sachs menyatakan bahwa emas mendapatkan dua faktor utama yang mendorongnya naik, pertama ketakutan pasar yang mendorong permintaan investasi naik di pasar negara-negara maju, dan kedua dalah permintaan emas naik sebagai symbol “kekayaan” di pasar negara berkembang. Kinerja buruk juga membuat dolar bearish, membantu emas mendapatkan daya tariknya.

Secara fundamental memberikan ransangan emas untuk tetap kuat, dengan prospek jangka menengah dan panjang tetap naik. Namun, di mana perdagangan emas di minggu depan akan sangat dipengaruhi oleh bagaimana harga berperilaku di sekitar level psikologis $ 1.800.

Dengan semua ini, ada keyakinan besar bahwa target harga emas sebesar $2000 bisa tercapai setidaknya dalam 12 bulan kedepan.