Harga Emas Flat, Pasar Waspadai Fed Meeting

JAVAFX – Harga emas bergerak flat pada hari Senin karena investor cenderung berhati-hati menunggu petunjuk baru dari Federal Reserve AS mengenai suku bunga pada minggu ini.

Harga spot Gold flat di level $1460 per ounce dan emas berjangka AS juga datar di level $1464.50.

Gold Trading

The Fed akan mengadakan pertemuan pada tanggal 10-12 Desember untuk keputusan suku bunga dan investor cenderung focus pada prospek ekonomi untuk tahun depan dan seterusnya. Para analis memprediksi Fed tidak mengubah suku bunga pada pertemuan minggu ini.

Data tenaga kerja AS yang kuat pada minggu lalu telah memperbaharui taruhan bahwa The Fed akan mempertahankan suku bunga. Suku bunga yang lebih rendah mengurangi biaya peluang memegang asset non-yield bullion.

Sementara itu batas waktu 15 Desember masih diberlakukan untuk putaran baru tarif AS tentang impor produk China senilai $156 miliar, demikian kata Larry Kudrow, penasihat ekonomi Gedung Putih.

“Pasar sedang menunggu untuk mengukur apa yang akan terjadi, mereka menunggu baik untuk pertemuan The Fed (FOMC) dan semacam kesepakatan menit terakhir antara AS dan China,” kata Ilya Spivak, ahli strategi mata uang senior di DailyFx.

“Kami telah melihat bahwa dari administrasi ini di Gedung Putih, jenis brinkmanship di mana mereka dapat memutuskan untuk membatalkan tarif pada detik terakhir dengan tweet larut malam pada 14 Desember.”

Emas telah naik lebih dari 13% sepanjang tahun ini setelah The Fed memangkas suku bunga tiga kali tahun ini sebagai latar belakang perang dagang AS-China dan dampaknya terhadap ekonomi.

 

 

 

 

 

 

 

Swendy

sumber cnbc.com