Harga Emas Kembali Di Zona Merah, Dihantam Kenaikan Suku Bunga

Harga emas kembali berada di zona merah, menunggu konfirmasi sinyal bearish baru untuk melanjutkan penurunan kembali. Ada lebih banyak ruang untuk sisi negatifnya. Sebagai asset tanpa bunga, Emas rentan dengan lebih banyak pengetatan suku bunga yang akan datang termasuk dari Swiss dan Inggris.

Logam Mulia membalikkan pemantulan dari level terendah dua tahun, menandai hari sebelumnya, karena penghindaran risiko meningkat menjelang peristiwa penting bank sentral. Yang mengatakan, kelemahan terbaru logam ini juga dapat dikaitkan dengan kenaikan suku bunga ketiga Federal Reserve (Fed) AS senilai 75 basis poin (bps) dan harapan perjalanan yang menyakitkan untuk menjinakkan inflasi ke depan.

Sementara itu, jika ketegangan antara Rusia dan Barat meningkat, dolar bisa melihat kenaikan tambahan, karena pelarian ke tempat yang lebih aman mungkin tetap berlangsung. Agitasi global terhadap mobilisasi pasukan Rusia dan ketakutan di sekitar China adalah sentiment negatif tambahan untuk harga logam.

Oleh karena itu, XAU/USD muncul dalam situasi kalah-kalah dalam waktu dekat.”Di atas segalanya, penembusan penurunan berkelanjutan logam dari support utama $1.680 membuat bear tetap berharap karena beberapa bank sentral kemungkinan akan mengikuti jalur hawkish Fed.

Open interest di pasar berjangka emas membalikkan dua kenaikan harian berturut-turut dan menyusut sekitar 3,1 ribu kontrak pada hari Rabu, menurut pembacaan awal dari CME Group. Di sisi lain, volume meningkat tajam untuk hari kedua berturut-turut, kali ini sekitar 87,5 ribu kontrak.

Kini emas terlihat berusaha mendekati harga dukungan di $1.650. Penguatan kembali emas pada hari Rabu terjadi di tengah kinerja tidak menentu yang sedang berlangsung dan seiring dengan menyusutnya minat terbuka dan peningkatan volume yang nyata. Kenaikan secara berkelanjutan dari tema terikat kisaran saat ini muncul di kartu untuk saat ini, dimana dukungan yang layak ada di zona $1.650 per ons troy.

Secara singkat, harga emas telah menembus di $1.664 tetapi menghindari konfirmasi bearish. Penutupan harian di bawah harga tersebut diperlukan untuk memvalidasi pola bearish berkelanjutan. Setelah itu, dengan harga terendah mingguan sebelumnya di $1,655 mungkin menawarkan penghentian sementara selama penurunan logam lebih lanjut sebelum mengarahkannya ke dekat $1,644. Tentu saja harga $ 1.650 akan menjadi harga psikologis, sekaligus garis pertahanan langsung.

Dalam kasus di mana harga emas naik melampaui $1.680, kemungkinan menyaksikan kenaikan menuju $1.700 tidak dapat dikesampingkan. Penutupan harian di atas yang terakhir sangat penting untuk melepaskan pemulihan lebih lanjut menuju Moving Average yang bearish di $1.704. Dengan ini, beruang sekarang bersiap untuk terendah baru multi-bulan, yang pada gilirannya menyoroti titik pivot S1 satu hari dan ujung bawah Bollinger pada satu hari, di sekitar $1.657.

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Share this post

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.