Harga Emas Masih Bertahan Disekitar $1800, Hingga Ada Arah jelas Sikap Fed

JAVAFX – Harga emas bertahan di sekitar $1.800 per ounce, diyakini bahwa harga akan tetap terikat pada kisaran ini hingga Federal Reserve mengubah kebijakan moneternya dan mengurangi pembelian obligasi bulanannya. Ada harapan bahwa Federal Reserve dapat mengumumkan rencana pengurangan setelah pertemuan kebijakan moneter minggu depan.

Pandangan hawkish tersebut didasarkan pada perubahan kebijakan moneter AS yang muncul setelah banyak yang menolak gagasan bahwa Federal Reserve akan siap untuk meluncurkan rencananya paling cepat minggu depan. Sebagian pengamat melihat perubahan ini akan terjadi pada Desember nanti. Pergeseran ekspektasi terjadi setelah laporan nonfarm payrolls Agustus, yang menunjukkan hanya 235.000 pekerjaan yang diciptakan bulan lalu, secara signifikan meleset dari ekspektasi.

Terlepas dari jumlah pekerjaan yang mengecewakan, masih ada alasan untuk melakukan pengurangan lebih lanjut. Ini bukan soal pasar kerja tradisional yang lemah, namun pasar pekerjaan yang tidak biasa, tetapi tidak akan berdebat untuk mempertahankan tingkat akomodasi ini. Secara umum, ini adalah lingkungan yang agak positif. Jadi saya pikir Fed pasti dibenarkan dalam mengumumkan pengurangan segera dan kemudian segera memulainya.

Emas masih akan netral disaat The Fed ingin mengurangi pembelian obligasi bulanannya; bahkan logam mulia bisa terperangkap dalam pola menyamping ini. Meski harga emas tidak bullish, namun juga tidak bearish. Masalah kebijakan moneter akan terus menjadi dukungan penting untuk logam kuning.

Ini adalah lingkungan yang menandai banyak kotak untuk pasar emas. Anda memiliki kebijakan moneter yang sangat akomodatif; bahkan ketika Fed mulai meruncing, itu masih akan menambah neracanya. Ketika selesai meruncing, neraca tidak akan turun dalam waktu dekat. Dan, tentu saja, suku bunga berada pada level yang sangat rendah. Secara umum, kebijakan moneter masih sangat, sangat mendukung.

Perlu dicatat bahwa hanya karena Federal Reserve ingin mengurangi pembelian obligasi tidak berarti mereka siap untuk menaikkan suku bunga. Namun, jika pemulihan ekonomi berlanjut pada kecepatan saat ini, setidaknya bisa dilihat bahwa bank sentral bisa menaikkan suku bunga pada Desember 2022.

Jika keadaan terus berjalan seperti sekarang. Saya pikir kenaikan suku bunga dapat dibenarkan. Tetapi kabar baiknya adalah The Fed tidak harus membuat keputusan itu sekarang. Mereka dapat mengikuti data dengan hati-hati dan bereaksi terhadapnya. Meskipun emas dapat terjebak di wilayah netral, dalam periode volatilitas episodik. Ada beberapa percikan yang dapat memicu dorongan jangka pendek baru yang lebih tinggi adalah ketidakpastian geopolitik dan politik domestik yang sedang berlangsung.

Satu masalah yang perlu dilihat lebih jauh adalah krisis utang yang membayangi di A.S. Pekan lalu, dalam sebuah catatan kepada Kongres, Menteri Keuangan A.S. Janet Yellen mengatakan bahwa Departemen Keuangan dapat kehabisan uang tunai pada bulan Oktober. Dia memperingatkan para politisi tentang “kerusakan yang tidak dapat diperbaiki” jika plafon utang tidak dinaikkan tepat waktu.

Ini merupakan masalah penting yang harus dihadapi pemerintah AS. Namun. dia menambahkan bahwa ada begitu banyak kesepakatan menit terakhir yang dibuat sehingga ada banyak kepuasan di pasar. Dia mengatakan bahwa investor akan menganggap ini lebih serius karena tenggat waktu semakin dekat.

Sementara itu harga emas diperkirakan tidak akan pergi ke mana pun dalam waktu dekat, logam mulia ini masih menjadi aset penting untuk disimpan dalam portofolio. Ini adalah diversifikasi kritis, lindung nilai dan kebijakan asuransi umum terhadap ketidakpastian pasar.

Inflasi tetap menjadi perhatian yang signifikan bahkan jika tekanan harga mulai turun. Masih akan ada risiko saat Federal Reserve melakukan kesalahan kebijakan moneter dan menciptakan periode stagflasi. Diversifikasi dan memiliki lindung nilai terhadap skenario risiko ekor adalah alasan yang cukup kuat untuk memiliki eksposur terhadap emas.

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Share this post

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.