Harga Emas Masih Menanjak Jelang Keputusan Suku Bunga Fed

0
56

Harga emas naik pada hari Rabu karena dolar melemah, tetapi mereka bertahan pada kisaran yang ketat dengan investor enggan untuk menempatkan taruhan besar sebelum keputusan suku bunga Federal Reserve AS. 

Spot emas naik 0,4% menjadi $1,653,76 per ounce pada, sementara emas berjangka AS naik 0,5% menjadi $1.657,00.

The Fed akan merilis pernyataan kebijakannya pada pukul 2 siang waktu setempat atau jam 01.00 WIB Kamis dini hari dan secara luas diperkirakan akan menaikkan suku bunga acuan sebesar 75 basis poin, ini menjadi kenaikan suku bunga yang keempat berturut-turut pada tahun ini.

Para trader akan menunggu komentar Fed tentang kenaikan suku bunga di masa depan di tengah meningkatnya optimisme bahwa bank sentral AS akan memperlambat kenaikan suku bunga mulai Desember.

“Jika narasi poros Fed dibenarkan minggu ini, maka emas spot akan memiliki peluang tinggi menyentuh $ 1.700 dalam jangka waktu dekat,” kata Han Tan, kepala analis pasar di Exinity. “Bahu bulls emas akan merosot jika The Fed mematahkan anggapan bahwa pembuat kebijakan menyerah dalam pertempuran berkelanjutan mereka melawan inflasi,” tambah Tan.

Indeks dolar AS  turun 0,2%, membuat emas lebih murah bagi investor luar negeri. 

Data pada hari Selasa menunjukkan lowongan pekerjaan AS secara tak terduga naik pada bulan September, menyoroti pasar tenaga kerja yang tangguh.

“Jika kita mendapatkan cerita apa pun untuk kelemahan dolar atas petunjuk 50 basis poin dari The Fed, maka seharusnya tidak terlalu sulit bagi emas untuk naik kembali ke $1.670, $1.680 bahkan selama sesi mendatang,” kata Analis City Index Matt Simpson.