Harga emas melempem, Turun Tiga Hari Beruntun

0
148

Harga emas dunia turun untuk tiga hari beruntun minggu ini, setelah pada Rabu kemarin kembali ditutup lebih rendah. Harga penutupan kemarin di $2315.67. Penurunan ini semakin melanjutkan pelemahan sejak awal pekan yang menandai harga emas sudah tiga hari beruntun terkoreksi.

Koreksi turunnya harga emas masih pengaruhi faktor geopolitik di Timur Tengah yang mereda setelah Iran tak membalas serangan Israel pada pekan lalu. Perhatian pelaku pasar saat ini sedang memantau rilis data ekonomi penting dari AS di mingu ini, yaitu data pertumbuhan ekonomi kuartal I-2024 dan data inflasi (Core PCE).

Data-data tersebut menjadi penting karena akan memberikan petunjuk  lebih lanjut mengenai arah kebijakan suku bunga bank sentral Amerika Serikat (AS) The Federal Reserve (The Fed.)  Mengutip laman Livemint, Jateen Trivedi, VP Research Analyst – Commodity and Currency, LKP Securities, mengatakan penurunan harga emas saat ini sebenarnya memberikan peluang investor, namun tetap harus hati-hati. 

“Penurunan harga emas saat ini memberikan peluang bagi investor, namun pendekatannya harus hati-hati. Meskipun emas dianggap sebagai aset safe-haven, penting untuk menilai apakah akan mengadopsi strategi investasi yang agresif atau konservatif, terutama setelah kenaikan yang kuat. Harga saat ini sedang dalam tren naik, dan investor sering kali menunggu harga menjadi dingin sebelum memasuki pasar” Terang Jateen, kepada Reuters.

Hari ini harga emas masih bergerak dalam range konsolidasi antara $2300.00 – 2335.00.