Harga Emas Mendekati 1800, Terkesima Dengan Lonjakan Corona Delta

JAVAFX – Harga emas memperpanjang kenaikannya dari hari Rabu dan mencapai level tertinggi dalam tiga hari di perdagangan hari Kamis (01/07/2021) pada $ 1783. Ada kenaikan permintaan untuk aset safe-haven, termasuk dolar AS.

Dorongan muncul dari adanya kekhawatiran atas dampak ekonomi dari gejolak virus Covid Delta di Asia dan Eropa. Ini sukses mengurangi selera risiko – risk appetite. Sementara itu, investor juga menyesuaikan posisi mereka menjelang data Nonfarm Payrolls (NFP) AS yang akan diumumkan pada Jumat ini.

Data ini akan sangat krusial, mengingat aksi jual harga emas baru-baru ini dan pergeseran hawkish Fed dalam kebijakan moneternya. Momentum pemulihan harga emas juga didukung oleh penurunan suku bunga AS yang sedang berlangsung, berkat berkurangnya permintaan untuk aset berimbal hasil lebih tinggi.

Harga emas sanggup menahan kenaikan baru-baru ini menjelang pertarungan NFP. Laporan pasar tenaga kerja AS kemungkinan dapat menyoroti garis waktu perubahan kebijakan moneter The Fed, karena kemajuan pekerjaan tetap menjadi salah satu tujuan utama bagi bank sentral paling kuat di dunia.

Sementara itu, perekonomian AS diperkirakan akan menambah 69 ribu pekerjaan di bulan Juni setelah angka 559 ribu yang mengerikan terlihat di bulan Mei. Tingkat Pengangguran terlihat turun menjadi 5,7% bulan lalu.

Data NFP utama yang menggembirakan dapat meningkatkan ekspektasi hawkish The Fed, yang dapat berdampak negatif signifikan pada harga emas. Menjelang rilis data penting, harga emas dapat mempertahankan kisarannya di bawah $1800, karena investor menahan diri dari menempatkan taruhan terarah besar pada logam mulia.

Harga emas terlihat mengkonsolidasikan diri dengan pemulihan dua hari dari posisi terendah dua bulan di $1751. Pada saat penulisan, bull berjuang di bawah $ 1780, menunggu dorongan perdagangan baru.

Waspadai jika angka NFP meledak, harga emas dapat membalikkan uptrend dan turun kembali menuju area support $1751. Menjelang itu, terendah minggu sebelumnya di $1761 dapat menawarkan beberapa dukungan kepada para pedagang yang bullish. Atau, kekecewaan data mungkin bisa menurunkan ekspektasi penurunan dan pengetatan Fed, pada gilirannya, menawarkan semangat ekstra untuk bulls emas.

Penutupan harian di atas yang terakhir dapat meniadakan prospek jangka pendek bearish, membuka gerbang untuk pengujian ambang $1800. Target kenaikan relevan berikutnya muncul di $1.818.

Share this post

Analisa Fundamental

Edukasi

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.