Emas Menuju Penurunan Mingguan Pertama Desember Karena Fed Yang Hawkish

Harga emas bersiap  untuk penurunan mingguan ketiga berturut-turut pada hari Jumat (3/12) atau yang pertama dibulan Desember. Signal pelemahan harga emas datang dari  dari komentar para pejabat Federal Reserve yang mengatakan bahwa bank sentral dapat mengakhiri pembelian aset era pandemi dan menaikkan suku bunga lebih cepat dari yang diharapkan untuk memerangi lonjakan inflasi.

Harga emas spot naik 0,1% menjadi US$1.771,04 pada Jumat pagi, mencoba menjauhi level terendah dalam hampir sebulan pada hari Kamis. Logam mulia ini telah turun 1,3% sejauh ini dalam seminggu. Sementara, harga emas berjangka AS naik 0,5% menjadi US$1.770,90.

Presiden Federal Reserve Bank of Atlanta AS Raphael Bostic mengatakan kepada Reuters pada hari Kamis bahwa akan tepat untuk mengakhiri program pembelian obligasi bank sentral pada akhir Maret untuk memungkinkan opsi Fed menaikkan suku bunga untuk menangani inflasi. Pengurangan stimulus dan kenaikan suku bunga cenderung mendorong imbal hasil obligasi pemerintah naik, meningkatkan biaya peluang emas tanpa bunga.

Menteri Keuangan AS Janet Yellen mengatakan, tugas Fed untuk memastikan bahwa laju inflasi tinggi saat ini tidak berkembang menjadi ” “wage-price spiral” yang merusak dan bertahan lama. Inflasi zona euro tetap sementara, dua pembuat kebijakan utama Bank Sentral Eropa berpendapat pada hari Kamis, bahkan ketika pejabat AS membuat kasus minggu ini untuk meninggalkan penggunaan “sementara” untuk menggambarkan tekanan harga saat ini.

Pada akhir pekan ini para trader akan terfokus pada laporan data tenaga kerja AS . Ekonomi AS diyakini semakin pulih dari pandemic covid dan mampu menambahkan sebanyak 553K pekerjaan baru di November dan tingkat pengangguran turun 0,1% menjadi 4,5%. Jika prediksi ini benar, maka sentiment pasar akan semakin mendukung bullish dollar AS dan emas akan tertekan lebih lanjut. Target penurunan bisa mendobrak level $1760,00 – 1750.00 dan mengincar level support berikutnya $1725,00.

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Share this post

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.