Harga Emas Naik, Investor Pilih Menghindari Resiko

JAVAFX – Harga emas diperdagangkan naik dalam perdagangan tengah hari pada Kamis (14/11/2019). Upaya menghindari risiko (Risk Off)oleh para pedagang dan investor telah naik seiring minggu telah berkembang dan itu menguntungkan logam safe-haven. Pedagang berjangka jangka pendek yang telah menjual logam sebelumnya juga semakin gelisah dan membeli kembali posisi sell tersebut (short covering). Emas berjangka Desember terakhir naik $ 9,50 per ons di 1.472.80.

Gold Trading

Penghindaran risiko telah meningkat sejak minggu perdagangan berlangsung. Perjanjian parsial perdagangan AS – China kini tampak semakin jauh setelah kedua pihak membuat komentar minggu ini untuk mendukung gagasan itu. China dilaporkan menolak keras sejumlah produk pertanian A.S. yang akan diminta untuk dibeli dalam kesepakatan perdagangan. Sementara itu, Presiden Trump mengatakan AS tidak akan menurunkan semua tarifnya pada impor Tiongkok, yang tampaknya diminta oleh China.

Ada lebih banyak data ekonomi suram yang keluar dari China pada hari Kamis. Data-data ini memberikan dukungan bagi pernyataan Presiden AS Donald Trump bahwa perang dagang lebih merugikan China daripada produksi industri AS di Cina pada bulan Oktober naik 4,7% year-on-year – turun dari kenaikan 5,8% di bulan September. Penjualan ritel naik 7,2% pada Oktober, juga hilang pada perkiraan perdagangan sisi negatifnya. Data ekonomi lainnya yang dirilis dari Cina Kamis adalah campuran tas.

Aksi risk on secara global juga mengalami penyok minggu ini oleh meningkatnya kerusuhan sipil di Hong Kong, termasuk polisi yang menembak setidaknya satu pemrotes. “Pasar luar” menjai kunci perdagangan hari ini. Berpijak pada pergerakan indeks dolar AS yang melemah. Harga minyak mentah Nymex sedikit lebih rendah dan diperdagangkan di sekitar $ 57,00 per barel.

Secara teknis, harga emas di bursa berjangka untuk kontrak pengiriman bulan Desember mendekati sesi tinggi di tengah hari ini. Sentimen bearish masih memiliki sedikit keuntungan teknis dalam jangka pendek secara keseluruhan karena harga telah cenderung lebih rendah selama sembilan minggu. Sasaran kenaikan harga emas jangka pendek berikutnya adalah untuk menghasilkan penutupan di atas resistensi teknis yang solid pada $ 1.500,00. Sasaran breakout harga jangka pendek masih turun di bawah level support yang solid pada $ 1,425.00. Perlawanan pertama terlihat di tertinggi hari ini di $ 1,475.00 dan kemudian di $ 1,490.00. level support pertama di $ 1,461.70 dan $ 1,450.00. (WK)