Harga Emas Naik Karena Meningkatnya Dampak Corona Terhadap Bisnis

JAVAFX – Harga emas naik ke level tertinggi dua minggu pada hari Selasa, didorong oleh permintaan untuk safe-haven setelah peringatan pendapatan pembuat iPhone, Apple Inc menggarisbawahi kejatuhan keuangan dari epidemi virus coronavirus di Cina.

Spot gold naik 0,4% pada $ 1,586,32 per ons pada 0246 GMT. Sebelumnya di sesi ini, harga menyentuh level tertinggi sejak 3 Februari di $ 1.586,90. Sementara emas berjangka AS naik tipis 0,2% menjadi $ 1.589,30.

Gold Trading

“Pasar Asia-Pasifik dibuka lebih rendah secara luas. Investor saat ini sangat khawatir tentang dampak ekonomi dari virus corona, juga pada sentimen bisnis dan permintaan konsumen, ”kata analis CMC Markets, Margaret Yang Yan.

“Apple telah mengeluarkan panduan pendapatan yang lebih rendah untuk kuartal Maret tahun ini karena gangguan di China karena virus dan melemahnya permintaan dari pasar Tiongkok. Jadi, sentimen pasar berisiko. ” Apple adalah salah satu perusahaan Barat terbesar yang akan dirugikan oleh epidemi ini.

Dikatakan fasilitas manufaktur di China yang menghasilkan iPhone dan elektronik lainnya sudah mulai dibuka kembali, tetapi mereka naik lebih lambat dari yang diharapkan. Itu mendorong saham berjangka AS dan juga saham Asia lebih rendah.

Korban tewas akibat virus di daratan Cina naik 98, bahkan ketika penyebarannya melambat dengan jumlah kasus baru turun di bawah 2.000 pada hari Senin. Namun, para ahli global memperingatkan masih terlalu dini untuk mengatakan wabah itu sedang tertahan. Sementara itu, China melanjutkan upayanya untuk mengurangi hambatan terhadap bisnis, dengan bank sentralnya memangkas suku bunga pinjaman jangka menengah pada hari Senin.

Dolar, juga dianggap sebagai aset safe haven, naik ke level tertinggi empat bulan terhadap rival utama.

“Dolar dan emas berkorelasi negatif, tetapi pada saat ini meskipun dolar bergerak lebih tinggi, emas bergerak lebih tinggi dan itu berarti permintaan untuk keselamatan lebih besar daripada dampak mata uang pada emas,” kata CMC Yan.

Harga emas (GOLD) pada platform perdagangan MT5 di PT JavaGlobal Futures Selasa siang berada di posisi $1586.00, sempat sentuh level tertinggi sesi di $1587.35. Analis memprediksi harga emas akan melanjutkan kenaikan jelang sesi New York nanti malam seiring dibukanya pasar saham AS yang diprediksi turun.

Swendy