Harga Emas Naik Pertama Kali Dalam 4 Sesi Terkini

JAVAFX – Harga emas di bursa berjangka naik pada hari Kamis (04/06/2020). Harga membukukan kenaikan pertama dalam empat sesi terkini seiring pelemahan pasar saham AS dan dolar.

Disisi lain, para investor mencerna tindakan kebijakan oleh Bank Sentral Eropa. ECB, seperti yang diharapkan, meningkatkan ukuran Program Pembelian Darurat Pandemi pada hari Kamis, mengatakan amplop untuk pembelian aset meningkat sebesar € 600 miliar ($ 674,5 miliar), menjadi € 1,35 triliun euro. PEPP sekarang diatur untuk menjalankan setidaknya akhir Juni 2021, dibandingkan akhir 2020, sementara pembayaran pokok jatuh tempo dari aset yang dibeli di bawah rencana akan diinvestasikan kembali sampai setidaknya akhir 2022, kata ECB.

Aksi ECB dilakukan setelah Presiden Christine Lagarde menurunkan perkiraan PDB zona euro menjadi antara 8% dan 12% tahun ini. Dalam sebuah konferensi pers, Kamis, Lagarde mengatakan ekonomi menunjukkan tanda-tanda dari bawah, tetapi menyebut aktivitas masih “hangat” dan mengatakan dia mengharapkan ekonomi blok itu akan berkontraksi 8,7% pada 2020.

Secara keseluruhan, pembelian emas telah diberi makan oleh langkah-langkah stimulus bank sentral untuk membatasi kerugian ekonomi dari pandemi COVID-19, tetapi tanda-tanda ekonomi kembali hidup dari penguncian untuk menghentikan penyebaran infeksi mematikan telah menumpulkan daya tarik emas batangan.

Emas untuk pengiriman Agustus di bursa Comex dipatok pada $ 22,60, atau 1,3%, untuk menetap di $ 1,727.40 per ounce, setelah diperdagangkan setinggi $ 1.729. Harga untuk kontrak paling aktif turun 1,7% pada hari Rabu di tengah reli kuat dalam ekuitas global. Penurunan itu menandai kerugian ketiga beruntun untuk kontrak paling aktif, menurut data FactSet.

Investor juga melihat ke angka terbaru pada klaim pengangguran mingguan dari Departemen Tenaga Kerja AS yang diumumkan pada hari Kamis. Dimana menunjukkan beberapa tanda stabilisasi.

Sekitar 1,88 juta orang Amerika melamar tunjangan pengangguran tradisional pada akhir Mei dan 623.000 lainnya mengajukan klaim baru di bawah program bantuan federal. Klaim pengangguran awal secara perlahan meruncing sejak memuncak di hampir 7 juta pada akhir Maret.

Sentimen lain yang turut memberikan dukungan untuk kenaikan harga emas adalah indeks saham AS yang diperdagangkan lebih rendah dan dolar AS yang melemah, dimana Indek Dolar turun 0,6%, karena euro EURUSD, 0,11% menguat setelah keputusan ECB.

Pada hari Rabu, kenaikan di pasar saham mengikuti data dari Automatic Data Processing Inc., yang menunjukkan sektor swasta mengurangi 2,76 juta pekerjaan pada Mei. Itu jauh di bawah perkiraan para ekonom yang disurvei oleh Econoday yang memperkirakan kerugian 8,66 juta.

Data pekerjaan bulanan dari pemerintah akan dirilis Jumat. Ekonom yang disurvei oleh MarketWatch memperkirakan ekonomi kehilangan 7,4 juta pekerjaan tambahan pada Mei setelah kehilangan 21 juta pada Maret dan April.

Analisa Fundamental

Latest Articles

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Biden Cabut Larangan Terkait Green Card yang Diberlakukan Trump

Presiden Amerika Joe Biden pada Rabu (24/2) mencabut maklumat pendahulunya yang memblokir banyak pemohon green card atau kartu penduduk tetap untuk memasuki Amerika Serikat. Mantan...

Hattrik, Harga Emas Turun Beruntun

JAVAFX - Harga emas mencetak penurunan beruntun dalam tiga hari meskipun baru-baru ini sempat terpental dari posisi intraday di sekitar $ 1.794 menjadi $...

Harga Emas Terbenam Ditengah Prospek Ekonomi Yang Membaik

Harga emas kembali tertekan aksi jual pada perdagangan New York hari Kamis, ditengah merosotnya indeks saham AS karena imbal hasil obligasi terus melonjak ke...

Trump Akan Hadir di Konferensi Tahunan Partai Republik

Mantan presiden AS Donald Trump akan hadir sebagai pembicara utama dalam Konferensi Aksi Politik Konservatif (CPAC) tahunan yang digelar oleh para anggota Partai Republik. Trump...

Let us help you

Register for our free Webminar !

Tujuan utama dari layanan webinar ini adalah untuk membekali Anda dengan pengetahuan dan informasi agar dapat menjadi seorang trader pro.

Webinar ini diselenggarakan secara live dengan berbagai topik menarik, mulai dari tutorial platform trading, analisis teknikal, strategi dan robot trading, hingga update berita fundamental yang berdampak besar terhadap pergerakan market dunia.

Hubungi kami di : +6281 380 725 502