Harga Emas Naik Tipis Ketika Pasar Menanti Data NFP AS

JAVAFX – Setelah dibuka pada level $1.415.73 pto, harga emas terpantau alami kenaikan kurang lebih hanya 2 poin dengan diperdagangkan pada level $1.417.23 pto ketika berlangsungnya perdagangan di sesi Asia, Jumat(5/7/2019).

Sedangkan di sesi sebelumnya harga emas harus mengalami koreksi turun ketika para pelaku pasar cenderung mengambil langkah wait and see sehingga range pergerakan cenderung sempit pada hari Kamis kemarin.

Gold Trading

Selain itu, faktor lain yang juga mempengaruhi pergerakan lebih sempit diperkirakan akibat libur nasional di wilayah AS, yang mana negeri Paman Sam tengah memperingati hari kemerdekaan sehingga banyak pasar tidak bersemangat mengingat bursa Wall Street dan agenda laporan fundamental harus absen.

Meski demikian, menyambut akhir pekan ini, situasi terkini yang terkait dengan laporan pasar tenaga kerja nanti malam, Pemerintah AS akan merilis terdiri dari tiga data yaitu pertumbuhan lapangan pekerjaan diluar pertanian(Non-farm Employment Change), pertumbuhan upah, dan tingkat pengangguran untuk periode akhir bulan Juni 2019.

Para ekonom memprediksi bahwa pertumbuhan lapangan pekerjaan di luar pertanian akan tumbuh sebanyak 165K, pertumbuh upah diprediksi naik sebesar 0.3% dan tingkat pengangguran diperkirakan bertahan di level 3.6%.