Harga Emas Sepertinya Bisa Membaik

JAVAFX – Harga emas sepertinya bisa membaik pada perdagangan hari ini di mana potensi munculnya aksi beli kembali memang masih terlihat, dengan mulai hilangnya pengruh dari keresahan Trump terhadap manipulasi kegiatan keuangan zona euro dan China dengan kemunculan menghindari koleksi greenback sejenak.

Seperti kita ketahui bahwa di perdagangan sebelumnya, kondisi greenback mengalami tekanannya dari emas, sehingga hal ini membuat harga emas kontrak Agustus di bursa berjangka New York Mercantile Exchange divisi Comex ditutup menguat $0,30 atau 0,02% di level $1234,10 per troy ounce.

Seperti kita ketahui bahwa pada pekan perdagangan sebelumnya harga emas sempat menciptakan level terendah tahun ini lagi namun berubah ke sisi yang positif di penutupan, dengan dukungan bahw pasar sedang melepas kepemilikan dolar nya jelang rilis data pertumbuhan ekonomi AS di akhir pekan ini.

Sebelumnya harga emas sempat tergerus penguatannya di mana ada reaksi dari pidato ketua the Fed Jerome Powell dihadapan parlemen AS pekan lalu. Pidato Powell menyatakan bahwa perekonomian AS makin solid dan rencana kenaikan suku bunga the Fed masih ada di tahun ini. Dalam pernyataan juga, Powell menegaskan bahwa inflasi AS sudah diatas target bank sentral. Pelemahan emas memang bisa terjadi karena beberapa unsur data inflasi AS juga sedang meninggi, sehingga unsur pendorong kenaikan suku bunga the Fed juga dirasa sedang bertambah tenaganya, dan bisa membuat indeks dolar juga menguat terhadap mata uang utama dunia lainnya, sehingga logam mulia pun terkoreksi karena dilihat sedang mahal.

Namun kondisi tersebut membuat Presiden Trump gusar karena dianggap nagara lain telah memanfaatkan penguatan dolar demi mendapatkan keuntungan perdagangannya dengan AS. Tak puas di situ saja, Presiden Trump juga menuduh Uni Eropa dan China telah memanipulasi pelemahan mata uangnya terhadap dolar AS dan menahan suku bunganya agar tidak naik, membuat defisit perdagangan AS membengkak. Tuduhan Trump itu bertujuan melemahkan dolar AS yang membuat perang dagang jenis baru.

Sisi beli emas dapat muncul lagi pada hari ini karena tren perang dagang bisa memunculkan menghindarkan aksi safe haven dolar AS. Kemungkinan sksi bantuan ke sektor pertanian AS untuk menghindari masalah tarif yang bisa menekan pertumbuhan sektor tersebut. Harapannya ada diskusi antara kedua belah pihak sehingga perang dagang bisa diredam, dan jika berhasil diredam maka ada harapan harga emas bisa membaik lagi atau terjadi buyback.

Sebetulnya sisi perang dagang yang mendatangkan inflasi kadang akan membuat dampak kurang bagus ke emas karena ketika inflasi meninggi, investor melihat kenaikan suku bunga the Fed makin cepat dan agresif sehingga ini jalan buruk bagi emas. Apalagi masalah di BoJ belum selesai sehingga jalan kenaikan imbal hasil obligasi AS masih terbuka lebar dan emas masih bisa tertekan lagi.

(Sumber: Analis JAVAFX)
Author : Adhi Gunadhi

Analisa Fundamental

Latest Articles

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Ketakutan Investor Mendorong Harga Emas Jeblos Ke Bawah $1.700

JAVAFX - Imbal hasil Obligasi AS melonjak setelah pidato Gubernur Federal Reserve Jerome Powell pada Kamis (04/03/2021) mengirimkan imbal hasil 10-tahun ke atas 1,5%....

Penasihat Kesehatan AS Rekomendasikan Vaksin COVID-19 Johnson & Johnson ?

Para penasihat kesehatan Amerika mendukung vaksin COVID-19 satu dosis dari Johnson & Johnson pada hari Jumat (26/2), sehingga Amerika mungkin akan segera memiliki opsi...

Biden Ajukan Program Infrastruktur dalam Pertemuan Bipartisan

Presiden Joe Biden, Kamis (4/3), bertemu dengan anggota Kongres dari Partai Republik dan Demokrat di Ruang Oval dalam upaya mendapatkan dukungan bagi program infrastruktur...

AS Setujui Vaksin COVID-19 Buatan Johnson & Johnson

Badan Pangan dan Obat-obatan AS (Foods and Drugs Administration/FDA) pada Sabtu (27/2) secara resmi mengizinkan penggunaan vaksin virus corona (COVID-19) yang dikembangkan oleh Johnson...

Let us help you

Register for our free Webminar !

Tujuan utama dari layanan webinar ini adalah untuk membekali Anda dengan pengetahuan dan informasi agar dapat menjadi seorang trader pro.

Webinar ini diselenggarakan secara live dengan berbagai topik menarik, mulai dari tutorial platform trading, analisis teknikal, strategi dan robot trading, hingga update berita fundamental yang berdampak besar terhadap pergerakan market dunia.

Hubungi kami di : +6281 380 725 502