Harga Emas Stabil, Investor Menunggu Data Lanjutan

JAVAFX – Harga emas relatif stabil pada perdagangan di hari Selasa (11/05/2021) disaat ada penurunan dalam imbal hasil Obligasi AS yang membalas sedikit penguatan dolar AS. Para investor kini memilih untuk menunggu data penting tentang inflasi yang akan dirilis akhir minggu ini.

Pada perdagangan di pasar spot, harga emas stabil di $ 1.836,26 per troy ons, setelah mencapai level tertinggi sejak 11 Februari di $ 1.842.91 pada hari Jumat. Sementara dalam perdagangan di bursa berjangka AS, harga emas turun 0,1% menjadi $ 1,836.40 per troy ons.

Indeks dolar AS naik 0,1%, membuat emas lebih banyak mahal bagi pemegang mata uang lainnya. Mata uang AS ini merosot ke level terendah lebih dari dua bulan sesi sebelumnya setelah data penggajian non-pertanian AS pada hari Jumat menunjukkan pertumbuhan pekerjaan secara tak terduga melambat di bulan April.

Sementara imbal hasil Treasury AS 10-tahun disematkan di bawah 1,6%. Hasil obligasi yang lebih rendah mengurangi biaya peluang memegang emas yang tidak menghasilkan.

Para pembuat kebijakan Bank of Japan memperingatkan ketidakpastian atas pemulihan ekonomi negeri Matahari Terbit karena sejumlah pembatasan dianggap telagh merugikan sektor jasa konsumsi, demikian isi ringkasan pendapat mereka dari pertemuan pada bulan April yang dipublikasikan pada hari ini.

Pelaku pasar menunggu rilis konsumen AS data harga karena pada hari Rabu untuk mengukur tekanan inflasi dan sikap kebijakan Federal Reserve. Sebagaimana diketahui bahwa Pejabat Fed ingin melihat inflasi yang lebih tinggi, lebih pertumbuhan upah dan beberapa bulan perolehan pekerjaan yang kuat rata-rata 1 juta pekerjaan ditambahkan sebelum mereka mempertimbangkannya menyesuaikan kebijakan moneter, kata Direktur Federal Reserve Chicago Charles Evans pada hari Senin.

Presiden AS Joe Biden pada hari Senin mendesak perusahaan AS untuk melakukannya membantu pekerja mendapatkan akses ke vaksin dan menaikkan gaji mereka sambil menggembar-gemborkan infus $ 350 miliar dalam bantuan federal untuk pemerintah negara bagian dan lokal.

Pada perdagangan sebelumnya, harga emas berhasil memperbarui puncak multi-bulan, meskipun tidak memiliki pembelian lanjutan yang kuat. Penguatan kembali Dolar AS memang menahan laju kenaikan ini. Sejumlah aksi beli berdasar pada kekhawatiran atas inflasi dan penurunan risiko global disisi lain akan membatasi sisi negatifnya.

Pada minggu lalu, bahkan harga emas mampu membukukan keuntungan kuat minggu lalu dan naik ke puncak baru tiga bulan pada hari Senin, meskipun berjuang untuk memanfaatkan pergerakan tersebut.

Data laporan pekerjaan bulanan AS mengecewakan sehingga menegaskan kembali ekspektasi Federal Reserve bahwa mereka akan mempertahankan suku bunga lebih rendah untuk periode yang lebih lama.  Ini dipandang sebagai faktor kunci yang terus menguntungkan Emas. Terlepas dari ini, perubahan haluan dalam sentimen risiko global – seperti yang digambarkan oleh penurunan tajam semalam di pasar saham AS – selanjutnya mendukung emas sebagai asset safe-haven.

Pada batas tertentu, faktor pendukung ini akan diimbangi oleh sedikit penguatan dolar AS dari level terendahnya sejak 25 Februari. Dimana pada gilirannya, ini akan menjadi faktor kunci yang membatasi kenaikan harga komoditas dalam denominasi dolar. Namun, sisi negatifnya tetap tertahan di tengah ekspektasi kenaikan inflasi AS – didorong oleh membaiknya prospek pertumbuhan, rencana belanja infrastruktur dan langkah-langkah stimulus terkait pandemi. Mengingat emas dianggap sebagai lindung nilai terhadap inflasi, fokus pasar akan tetap pada laporan Indek Harga Konsumen AS minggu ini.

Kombinasi antara kekuatan divergen ini menahan investor untuk menempatkan posisi secara agresif dan menyebabkan perdagangan lebih tenang atau terikat dalam bentang  harga sepanjang sesi Asia pada hari Selasa ini.

Dengan tidak adanya rilis data ekonomi, sentimen penggerak pasar utama hari ini akan cenderung melihat dinamika harga Dolar AS. Selain itu, sejumlah pernyataan dari banyak anggota FOMC dan sentimen risiko pasar yang lebih luas akan memungkinkan pedagang untuk mengambil beberapa peluang yang berarti selama bagian kedua dari aksi perdagangan.

Para pelaku pasar selayaknya memperhatikan penguatan kembali harga emas dari posisi terendah di tahun ini, di harga $ 1.676. Rata-rata pergerakan harga yang signifikan saat ini dipatok di dekat wilayah $ 1.850, yang sekarang harus bertindak sebagai titik penting utama sebagai target perdagangan dalam jangka pendek.

Kemampuan harga emas menembusnya dan bertahan diatasnya, akan mengekspos kenaikan lebih lanjut dengan target ke $ 1.875 hingga $ 1.900.

Di sisi lain, waspadai koreksi harga yang mampu menerobos $ 1.817. Setiap penurunan selanjutnya dapat dilihat sebagai peluang membeli dan meski tetap terbatas di dekat angka $ 1.800. Yang mengatakan, penembusan meyakinkan di bawah ini mungkin mendorong beberapa penjualan teknis yang agresif dan memiliki potensi untuk menyeret emas kembali menuju wilayah $ 1.760.

Analisa Fundamental

Latest Articles

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Jelang Penarikan Mundur Pasukan AS, Biden Undang Pemimpin Afghanistan

Presiden Afghanistan Ashraf Ghani dan salah seorang tokoh yang memimpin upaya mencapai perdamaian Abdullah Abdullah, akan terbang ke Amerika untuk melangsungkan pertemuan dengan Presiden...

Putin puas dengan alasan Biden yang menyebutnya pembunuh

Presiden Rusia Vladimir Putin pada Rabu (16/6) mengatakan bahwa Presiden Amerika Serikat Joe Biden telah meneleponnya untuk menjelaskan alasan memanggil dirinya "seorang pembunuh" pada...

Bertemu di Jenewa, Pertemuan Biden-Putin Berlangsung Konstruktif

Presiden AS Joe Biden dan Presiden Rusia Vladimir Putin Rabu (16/6) melangsungkan pertemuan di Jenewa. Dalam konferensi pers usai pertemuan, Putin menyebut pertemuan itu “konstruktif,”...

Usai Bertemu Putin, Biden Bersikap Realistis

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dan Presiden Rusia Vladimir Putin telah mengakhiri pertemuan mereka di Jenewa. Biden menggambarkan pertemuan itu berlangsung “baik” dan “positif.”...

Let us help you

Register for our free Webminar !

Tujuan utama dari layanan webinar ini adalah untuk membekali Anda dengan pengetahuan dan informasi agar dapat menjadi seorang trader pro.

Webinar ini diselenggarakan secara live dengan berbagai topik menarik, mulai dari tutorial platform trading, analisis teknikal, strategi dan robot trading, hingga update berita fundamental yang berdampak besar terhadap pergerakan market dunia.

Hubungi kami di : +6281 380 725 502