Harga Emas Stabil, Meski PDB AS Menurun

JAVAFX – Harga emas bertahan stabil, bahkan hanya sedikit bereaksi terhadap data produk domestik bruto (PDB) kuartal pertama AS yang lebih lemah dari yang diharapkan.

Data yang disampaikan pada hari Kamis (28/05/2020), menunjukkan bahwa PDB AS mengalami penurunan ekonomi sebesar 5,0% pada kuartal pertama. Data lebih lemah dari yang diharapkan; menurut angka konsensus, para ekonom mengharapkan tidak ada perubahan dalam kegiatan ekonomi dari perkiraan pertama.

Penurunan terjadi setelah ekonomi AS tumbuh 2,1% pada kuartal keempat 2019.

Pasar emas melihat sedikit pergerakan dalam reaksi awal terhadap data karena harga tetap jauh di atas dukungan psikologis kritis pada $ 1.700 per ounce. Emas berjangka Juni terakhir diperdagangkan pada $ 1.722,50 per ounce, naik 0,69% pada hari itu.

Beberapa ekonom tidak terkejut dengan cetakan PDB kuartal pertama yang lebih lemah dari perkiraan. Pada bulan terakhir kuartal ini, ekonomi AS pada dasarnya ditutup ketika negara-negara memperkenalkan langkah-langkah penguncian dan menutup semua bisnis yang tidak penting dalam upaya memperlambat pandemi COVID-19.

Meskipun data bukan kejutan besar, beberapa ekonom mencatat bahwa itu bukan pertanda baik untuk pertumbuhan di masa depan. Sebagian besar efek dari tindakan penguncian tidak terasa sampai awal kuartal kedua.

“Ini adalah kuartal terburuk sejak Q4 2008 tetapi kuartal saat ini akan jauh lebih buruk,” kata Adam Button dari Forexlive.com.

Melihat beberapa komponen laporan, belanja konsumen sedikit meningkat, menurun 6,8%, naik dari estimasi awal penurunan sebesar 7,6%.

Melihat perdagangan, laporan itu mengatakan bahwa ekspor menurun sebesar 8,7%, tidak berubah dari perkiraan sebelumnya; Sementara itu, impor turun 15,5%, lebih curam dari penurunan yang diperkirakan sebelumnya 15,3%.

Analisa Fundamental

Latest Articles

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Afsel: DP vaksin Johnson & Johnsondan Pfizer tak bisa dikembalikan

Uang muka (DP) pembelian vaksin COVID-19 Johnson & Johnson dan Pfizer dari pemerintah Afrika Selatan tidak bisa dikembalikan apa pun kondisinya, seperti diungkap Menteri...

Biden Tarik Pasukan AS dari Afghanistan Paling Lambat 11 September

Presiden AS Joe Biden telah memutuskan akan menarik pasukan Amerika dari Afghanistan paling lambat 11 September 2021, 20 tahun setelah serangan al-Qaida memicu perang...

GDP Tiongkok Di Prediksi Naik, Hang Seng Berpotensi Menguat ke Level 29385

Besok pagi jam 09.00 wib, Tiongkok akan merilis data GDP di kuartal kedua di tahun 2021 setelah sebelumnya di kuartal pertama pada bulan Januari...

Indeks Sentimen Ekonomi ZEW Jerman Meleset Dari Perkiraan

Laporan utama ZEW Jerman untuk bulan April menunjukkan bahwa Indeks Sentimen Ekonomi Jerman turun menjadi 70,7 versus jauh di bawah ekspektasi untuk kenaikan 79,0 dan di bawah laporan terakhir di angka 76,6.

Let us help you

Register for our free Webminar !

Tujuan utama dari layanan webinar ini adalah untuk membekali Anda dengan pengetahuan dan informasi agar dapat menjadi seorang trader pro.

Webinar ini diselenggarakan secara live dengan berbagai topik menarik, mulai dari tutorial platform trading, analisis teknikal, strategi dan robot trading, hingga update berita fundamental yang berdampak besar terhadap pergerakan market dunia.

Hubungi kami di : +6281 380 725 502