Harga Emas Susah Bangkit Lagi

JAVAFX – Berita komoditas di hari Senin(11/12/2017), harga emas susah bangkit lagi pada perdagangannya hari ini, dimana sisi jual emas muncul dengan harapan bahwa data ekonomi AS yang akan rilis hari ini mendukung pergerakan negatif dari emas tersebut di saat pasar keuangan AS libur.

Sejauh ini pula emas sendiri tidak mampu bergerak positif besar karena melihat perkembangan data-data ekonomi AS khususnya data sentimen konsumen yang sangat bagus untuk membantu kenaikan suku bunga the Fed meskipun inflasi yang terus rendah selalu dikeluhkan beberapa pejabat the Fed sendiri. Nanti malam ada data sentimen Michigan AS dimana seperti kita ketahui minggu lalu data ini mampu menahan gelora kenaikan harga emas.

Bila nanti malam data ini masih lebih bagus lagi, maka dapat dipastikan emas akan gagal lagi mengalami penguatannya.

Selain itu kondisi reformasi pajak yang tertunda memberikan peluang bagi emas untuk bergerak leluasa menguat, namun sayangnya the Fed tidak memasukkan bantuan fiskal ini didalam proyeksi masa depan ekonomi AS sehingga sisi kenaikan suku bunga the Fed pasti tidak akan alami penundaannya sehingga ini juga menjadi penghalang bagi emas untuk menguat lebih jauh.

Faktor kunjungan Presiden Trump ke beberapa Asia memang sejauh ini menguatirkan banyak pihak karena memang arah kebijakan Trump banyak kejutan sehingga pasar sesekali juga ikut terkejut-kejut. Hari ini Trump sedang berada di Vietnam untuk menghadiri KTT APEC dan dijadwalkan akan bertemu dengan Presiden Putin dan tentunya ini menjadi fokus utama perhatian publik ketika pasar keuangan AS libur memperingati hari Veteran.

Yang perlu diwaspadai akhir pekan ini adalah perkembangan di Timur Tengah khususnya Jazirah Arab. Beberapa hari ini, perkembangan yang tegang terjadi antara Arab Saudi melawan Iran dimana paku pengaruh kekuasaan Iran sudah mulai meluas hingga Yaman dan Lebanon, sehingga beberapa negara Teluk seperti Arab Saudi, Kuwait, Uni Emirat Arab dan Bahrain mengeluarkan ‘travel warning’ agar warganya tidak mengunjungi daerah konflik seperti Yaman dan Lebanon.

Bila hal ini berkepanjangan maka emas mempunyai kesempatan melakukan safe havennya. Namun bila selesai konflik ini maka safe haven emas tentu akan berakhir dengan sendirinya.

Liburnya pasar keuangan AS nanti malam namun ada data sentimen Michigan membuat harga emas kontrak Desember di bursa berjangka New York Mercantile Exchange divisi Comex untuk sementara bergerak melemah $2,40 atau 0,23% di level $1285,10 pertroy ounce. Untuk harga perak kontrak Desember di Comex untuk sementara bergerak menguat $0,04 atau 0,24% di level $17,02 pertroy ounce.

Sumber berita: Reuters, Investing, Kitco, Bloomberg, BBC
Sumber gambar: Forbes

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Share this post

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.