Harga Emas Terus Naik, Ekspektasi Pemangkasan Suku Bunga AS Menguat

JAVAFX – Harga emas naik dalam perdagangan di hari Kamis (13/06/2019), di jalur untuk mencapai kenaikan sesi ketiga berturut-turut. Dorongan kenaikan dipicu oleh naiknya permintaan untuk logam naik di tengah ekspektasi terjadinya penurunan suku bunga oleh Federal Reserve musim panas ini.

Gold Trading

Disisi lain, ketegangan perdagangan yang mengecil antara dua ekonomi utama dunia dan meningkatnya kegelisahan Timur Tengah juga memikat investor ke dalam aset surga. Bursa saham AS memang naik dalam perdagangan di hari Kamis setelah perdagangan emas di bursa berjangka ditutup . Hal ini selanjutnya mengurangi kenaikan yang didapat dalam perdagangan emas.

Sebagai catatan, pada perdagangan komoditas lainnya, harga minyak melonjak setelah dua kapal tanker minyak dilaporkan diserang di Teluk Oman, meninggalkan satu dengan lambung yang rusak dan yang lainnya terbakar dan terpaut.

Dengan perkembangan terbaru ini, harga emas untuk kontrak pengiriman bulan Agustus di bursa Comex naik $ 6,90, atau 0,5%, untuk menetap di $ 1,343.70 per ounce. Harga emas dalam perdagangan di bura berjangka,  sekarang telah mendapatkan keuntungan ke-11 dari 12 sesi, dimana harga naik lebih dari 2% bulan ini.

Memang The Fed belum mengkonfirmasi akan menuju penurunan suku bunga pada bulan ‘ Juli ’ ini.  Namun demikian, cukup banyak analis di pasar yang memperkirakan The Fed akan bergerak untuk memangkas. Tentu saja pemangkasan ini akan bersampak positif bagi harga emas.

Pada perdagangan diawal pekan ini, harga emas mundur cukup kuat untuk meninggalkan logam mulia hanya bisa mencatatkan sedikit lebih rendah pada minggu ini. Logam mulia memang telah naik hampir tanpa terputus selama dua minggu. Pergerakan harga logam ini berbanding terbalik dengan Indek dolar AS yang lebih rendah, Dolar lunak dapat menjadi penarik bagi komoditas yang dihargai dalam unit karena membuatnya lebih murah untuk pengguna mata uang lainnya, dan sebaliknya.

Harga emas juga diuntungkan dari penurunan tajam dalam imbal hasil Obligasi AS karena investor semakin bertaruh bahwa Fed akan bergerak akhir tahun ini untuk memotong suku bunga, sebuah prediksi yang mereka percaya didukung oleh pembacaan inflasi yang lembut pada data Rabu. Hasil yang lebih rendah dapat menjadi positif untuk emas, mengurangi biaya peluang memegang logam.

Selain menawarkan keselamatan, logam mulia sejalan untuk mendapatkan keuntungan yang lebih curam setelah mencoba dan menembus harga di atas $ 1.350. Jika the Fed pada minggu depan mengisyaratkan bahwa pemotongan suku bunga akan berlangsung, harga emas diyakini bisa bertahan diatas level tersebut dan siap untuk mencapai harga tertingi bari diatas $1360.

Sejumlah volatilitas politik dan pasar global akan mewarnai perdagangan emas selanjutnya. Sebagaimana dilaporkan oleh Associated Press dan media lainnya yang mengatakan Angkatan Laut AS membantu dua kapal tanker minyak di Teluk Oman, dekat Selat Hormuz yang strategis. Satu dilaporkan terapung-apung dan terbakar, dan media Iran dilaporkan mengatakan sebelumnya bahwa mereka telah menjadi sasaran, tanpa menawarkan bukti. Sepertiga dari semua minyak yang diperdagangkan melalui laut melewati selat, yang merupakan mulut sempit Teluk Persia.

Kementerian Perdagangan Jepang mengatakan, kedua kapal itu memiliki “kargo terkait Jepang.” Serangan yang dilaporkan itu terjadi ketika Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe mengakhiri kunjungan berisiko tinggi di Teheran yang bertujuan meredakan ketegangan antara Iran dan Amerika Serikat.

Analis juga terus menunjukkan perkembangan di sekitar ketegangan AS-Cina sebagai pendorong pasar global. Investor berisiko mungkin telah menemukan beberapa bantuan dalam pernyataan oleh Presiden Donald Trump Rabu malam. Trump mengatakan kepada wartawan bahwa ia tidak memiliki tenggat waktu untuk mengenakan tarif tambahan pada barang-barang Cina.

Secara terpisah, perhatian tetap ada di Hong Kong, di mana ribuan demonstran bentrok dengan polisi dan menghadapi putaran gas air mata dan peluru karet ketika mereka berdemonstrasi di jalan-jalan Hong Kong pada hari Rabu. (WK)