Harga Minyak Masih Menguat Sebelum Pertemuan OPEC+

Harga minyak naik tipis pada hari Kamis, didukung oleh turunnya persediaan minyak AS, dan para pelaku pasar masih menunggu keputusan dari produsen minyak utama dunia. Apakah mereka akan mempertahankan atau mengurangi pengurangan pasokan pada paruh kedua tahun ini.

Minyak mentah Brent untuk pengiriman September naik 17 sen, 0,2%, menjadi $74,79 per barel sementara minyak mentah West Texas Intermediate AS untuk Agustus berada di $73,68 per barel, naik 21 sen, atau 0,3%, mendekati level tertinggi sejak 2018 di $74,45.

WTI naik lebih dari 10% pada bulan Juni sementara Brent naik lebih dari 8%, menyentuh level tertinggi sejak 2018, karena perjalanan musim panas meningkat dan lebih banyak orang mendapatkan vaksinasi.

Analis telah memperkirakan defisit pasokan yang lebih luas secara global pada paruh kedua karena Organisasi Negara Pengekspor Minyak dan sekutu mereka, yang dikenal sebagai OPEC+, mempertahankan pengurangan produksi sementara permintaan meningkat.

OPEC+ mengurangi pengurangan pasokan antara Mei dan Juli sebesar 2,1 juta barel per hari. Mereka akan bertemu pada hari Kamis untuk memutuskan apakah akan membiarkan produksi tidak berubah atau meningkatkan produksi, mungkin lebih dari 1 juta barel per hari atau 0,5 juta barel per hari pada Agustus. OPEC+ diharapkan juga membahas apakah akan memperpanjang kesepakatan pengurangan pasokan hingga April 2022.

Namun, wabah varian virus Delta meningkatkan kekhawatiran bahwa pemulihan permintaan mungkin akan goyah. Penguncian terbaru dan kenaikan biaya telah melemahkan momentum dalam aktivitas pabrik di Asia pada bulan Juni.

Di Amerika Serikat, stok minyak mentah turun minggu lalu untuk minggu keenam berturut-turut sebagai tanggapan atas meningkatnya permintaan, data dari Administrasi Informasi Energi menunjukkan.

Brent terlihat rata-rata $67,48 per barel tahun ini dan WTI $64,54, keduanya naik dari perkiraan pada Mei, jajak pendapat Reuters Juni menunjukkan.

Share this post

Analisa Fundamental

Edukasi

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.