Harga Minyak Naik, Didukung Ledakan Di Pasar Saham

JAVAFX – Harga minyak naik pada awal perdagangan sesi AS di hari Senin (01/02/2021). Kenaikan harga didukung oleh sentimen risk-on yang terjadi di pasar saham dan ekspektasi pembatasan produksi minyak oleh OPEC + dan pemimpinnya Arab Saudi akan memperketat pasar pada kuartal pertama.

Harga minyak mentah WTI naik 0,63 persen menjadi $ 52,45 dan harga minyak Brent naik 0,80 persen pada $ 55,48.

Sepanjang bulan Januari, harga minyak naik sekitar 8 persen dan mengawali perdagangan bulan Februari dengan kenaikan juga. Komitmen Arab Saudi untuk mengurangi produksi minyak mentahnya dengan tambahan 1 juta barel per hari (bph) di luar kuotanya dalam pakta OPEC +, menjadi katalis kuat bagi kenaikan harga minyak saat ini.

Indek Dow Jones, S&P 500, dan Indeks Komposit Nasdaq semuanya naik pada pembukaan pasar, dimana pasar ekuitas mencoba untuk menutup sebagian kerugian dari hari Jumat. Sentimen risk-on tumpah ke minyak pada hari Senin, meskipun beberapa data ekonomi beragam.

Data ekonomi terkini menunjukkan angka indeks manajer pembelian (PMI) China naik, melanjutkan pemulihannya pada bulan Januari. Meski demikian, kenaikan ini melambat, karena penguncian terkait virus di beberapa kota untuk melawan kebangkitan terbesar kasus COVID-19 sejak musim panas 2020.

Terlepas dari virus korona dan peluncuran vaksin yang lebih lambat serta vaksinasi dari yang diperkirakan semula, pasar minyak memilih untuk fokus pada awal Februari pada pasar yang diperkirakan lebih ketat dalam beberapa bulan mendatang.

Kedepan, para pelaku pasar berharap pengetatan yang berlaku akan mendorong harga minyak dunia bisa lebih tinggi, lebih-lebih jika didorong dengan penurunan pasokan yang lebih cepat. Dalam perkiraan Bloomberg, kontrak bulan kedua di Brent sekarang yang paling mahal dibandingkan bulan ketiga dalam lebih dari setahun, menandakan kemunduran yang lebih dalam, keadaan pasar yang mengarah ke pasokan yang lebih ketat dengan harga kontrak berjangka yang lebih dekat lebih tinggi. daripada yang jauh di luar waktu.

Analisa Fundamental

Latest Articles

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Trump Tegaskan Kembali Kontrol atas Partai Republik, Indikasikan Calonkan Diri untuk Pilpres 2024

Donald Trump mengecam kebijakan Presiden Joe Biden dan menegaskan kembali kepemimpinannya atas Partai Republik pada Konferensi Aksi Politik Konservatif (Conservative Political Action Conference, CPAC)...

AS Setujui Vaksin COVID-19 Buatan Johnson & Johnson

Badan Pangan dan Obat-obatan AS (Foods and Drugs Administration/FDA) pada Sabtu (27/2) secara resmi mengizinkan penggunaan vaksin virus corona (COVID-19) yang dikembangkan oleh Johnson...

Biden Akan Umumkan Sikap Terkait Arab Saudi

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengatakah bahwa Pemerintah AS pada Senin (29/2) akan mengumumkan sikapnya terkait Arab Saudi. "Akan ada pengumuman pada Senin (29/2)...

CDC AS Dukung Vaksin COVID-19 Buatan Johnson & Johnson

Panel penasihat Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (AS) (Centers for Disease Control and Prevention/CDC) pada Minggu (28/2) mendukung vaksin Johnson & Johnson. Panel...

Let us help you

Register for our free Webminar !

Tujuan utama dari layanan webinar ini adalah untuk membekali Anda dengan pengetahuan dan informasi agar dapat menjadi seorang trader pro.

Webinar ini diselenggarakan secara live dengan berbagai topik menarik, mulai dari tutorial platform trading, analisis teknikal, strategi dan robot trading, hingga update berita fundamental yang berdampak besar terhadap pergerakan market dunia.

Hubungi kami di : +6281 380 725 502