Hattrik, Harga Emas Turun Beruntun

JAVAFX – Harga emas mencetak penurunan beruntun dalam tiga hari meskipun baru-baru ini sempat terpental dari posisi intraday di sekitar $ 1.794 menjadi $ 1.797,63, turun 0,28% pada hari itu. Pada perdagangan hari Kamis (25/02/2021) diawal sesi perdagangan, emas gagal mendapatkan dukungan dari pelemahan dolar AS. Disisi lain, optimisme pelaku pasar bursa berjangka meredum dengan kenaikan imbal hasil obligasi di seluruh dunia.

Setelah upaya bank sentral yang gagal untuk menjinakkan beruang obligasi, pembeli emas agak berubah pikiran untuk bergabung dengan reli dalam imbal hasil Treasury daripada tetap berpegang pada emas sebagai tempat berlindung yang aman. Meskipun demikian, imbal hasil Treasury AS saat ini mendekati puncak satu tahun sementara dari Australia dan Selandia Baru berada di level tertinggi sejak Mei 2019.

Sementara pembuat kebijakan Fed dan anggota RBNZ adalah yang terbaru yang menyarankan uang lebih mudah dan meningkatkan sentimen pasar, berita vaksin optimis tentang Moderna dan Pfizer-BioNtech menawarkan dorongan ekstra untuk sentimen perdagangan.

Meski begitu, pedagang berhati-hati menjelang pembacaan awal PDB Kuartal 4 AS hari ini.

Dolar AS menuai keuntungan dari hasil yang meningkat. Sejak awal tahun, kami telah melihat imbal hasil obligasi sepuluh tahun di AS. bergerak dari 0,91% ke tertinggi satu tahun di 1,56%. Tren ini dimulai pada pergantian tahun baru tetapi memperoleh momentum yang signifikan dalam beberapa minggu terakhir.

Pada awalnya, pedagang mata uang dan ekuitas menolak langkah tersebut dengan saham-saham yang menguat ke rekor tertinggi dan dolar melanjutkan penurunannya, tetapi hari ini, investor akhirnya menyadari konsekuensi dari kenaikan suku bunga AS. pembuat kebijakan mengatakan mereka tidak khawatir tetapi lonjakan imbal hasil berdampak langsung pada tingkat konsumen. Suku bunga hipotek misalnya naik ke level tertinggi sejak Agustus yang dapat mengakhiri ledakan pembiayaan kembali.

Imbal hasil naik karena investor optimis. Mereka percaya pemulihan berkelanjutan yang kuat sudah dekat dan harga akan naik karena permintaan datang kembali. Dalam lingkungan seperti ini, imbal hasil obligasi harus lebih tinggi terlepas dari apakah Fed menaikkan suku bunga.

AS bukan satu-satunya negara yang mengalami peningkatan imbal hasil Obligasinya. Obligasi Jerman untuk tenor 10 tahun juga naik ke level tertinggi dalam 11 bulan. Berbeda dengan Federal Reserve, pejabat Bank Sentral Eropa mengatakan mereka memantau dengan cermat evolusi imbal hasil obligasi nominal jangka panjang.  Mereka akan memastikan bahwa mereka tetap disukai menurut anggota ECB Villeroy.

Kenaikan harga emas akan mencoba bertahan diatas 1,803. Kenaikan lebih lanjut akan  menguji emas di harga $ 1.807, sebelum melanjutkan naik ke $ 1.820 yang akan menjadi sorotan. Sebaliknya, koreksi harga akan membuat logam mulia mengekspos harga di sekitar $ 1.795 dan menawarkan dukungan terdekat lebih lanjut. Harga $ 1.791 akan membuka peluang jangka pendek ke $ 1.788 – $ 1.778.

Analisa Fundamental

Latest Articles

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Houthi Rudal Kilang Arab Saudi, Harga Minyak Naik

JAVAFX - Harga minyak naik tipis pada perdagangan hari Selasa (13/04/2021) pagi di sesi Asia di tengah ketegangan di Timur Tengah setelah kelompok Houthi...

Harga Emas Bisa Pulih dan Kembali $ 2000 Di Akhir Tahun

JAVAFX - Gerak naik Emas untuk saat ini telah dibatasi pada $ 1755/65 untuk mempertahankan bias sisi bawah langsungnya, tim analis Credit Suisse melaporkan....

Biden Tunjuk Pengkritik Trump untuk Dua Pos Penting Imigrasi

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden pada Senin (12/4) menunjuk dua kritikus kebijakan imigrasi mantan presiden Donald Trump untuk posisi kunci kontrol perbatasan dan...

Biden siap umumkan penarikan pasukan AS dari Afghanistan

Pengumuman yang direncanakan Presiden Joe Biden pada Rabu tentang penarikan lengkap pasukan Amerika Serikat (AS) dari Afghanistan pada 11 September bertujuan untuk menutup buku...

Let us help you

Register for our free Webminar !

Tujuan utama dari layanan webinar ini adalah untuk membekali Anda dengan pengetahuan dan informasi agar dapat menjadi seorang trader pro.

Webinar ini diselenggarakan secara live dengan berbagai topik menarik, mulai dari tutorial platform trading, analisis teknikal, strategi dan robot trading, hingga update berita fundamental yang berdampak besar terhadap pergerakan market dunia.

Hubungi kami di : +6281 380 725 502