Impor Emas China Via Hong Kong Turun Tajam

JAVAFX – Impor emas oleh China melalui Hong Kong pada bulan November merosot 72% dari bulan sebelumnya ke level terendah dalam hampir sembilan tahun, demikian ungkap data dari Departemen Sensus dan Statistik Hong Kong yang disampaikan hari Senin (30/12/2019). Turunnya angka impor ini terutama karena permintaan yang lemah.

Impor bersih via Hong Kong ke Cina, sebagai Negara konsumen emas terbesar di dunia, turun menjadi 3,052 ton pada November  atau tercatat sebagai yang terendah sejak Februari 2011 dari 10,846 ton pada Oktober, data tersebut menunjukkan. Total impor emas melalui Hong Kong merosot 58% menjadi 5,563 ton bulan lalu, juga terendah sejak Februari 2011, dari 13,333 ton pada Oktober.

“Tidak mengejutkan. Permintaan telah lemah di Cina, tanpa urgensi nyata untuk membangun inventaris menjelang periode Tahun Baru China, ”kata Cameron Alexander, seorang analis dengan GFMS, konsultan logam milik Refinitiv.

Tahun Baru Cina, kesempatan pembelian emas utama di wilayah itu, dimulai pada 25 Januari tahun depan. Impor Cina melalui Hong Kong terus menurun tahun ini di tengah protes anti-pemerintah di bekas jajahan Inggris, dan Cina malah meningkatkan impor emas dari Shanghai tahun ini.

“Ketika permintaan meningkat lagi, saya tidak akan terkejut melihat aliran melalui Hong Kong meningkat lagi ketika perakit membangun kembali inventaris. Saat ini bukan hanya aliran Hong Kong ke China yang menurun. Arus melintasi papan turun, “kata Alexander.

China tidak memberikan data perdagangan tentang emas dan data Hong Kong mungkin tidak memberikan gambaran lengkap tentang pembelian Cina karena emas juga diimpor melalui Shanghai dan Beijing.

Harga emas di pasar spot internasional turun sekitar 3,3% pada bulan November, dengan emas batangan dijual dengan premi $ 2 hingga $ 5 per ounce di China, dibandingkan harga patokan bulan lalu. (WK)

Analisa Fundamental

Latest Articles

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Biden Kunjungi Pusat Produksi Vaksin Pfizer

Presiden Joe Biden mengunjungi pabrik pembuatan vaksin COVID-19 Pfizer Jumat sore di Michigan di mana dia memuji keamanan vaksin tersebut. Dalam kunjungan ke "hamparan freezer,"...

Inflasi Inggris Naik Namun GBPUSD Melemah

Inflasi Inggris telah di rilis naik kemarin dari 0.6% ke 0.7%. Hal ini menunjukkan bahwa perekonomian Inggris selama setahun lalu berjalan dengan baik. Namun...

Biden-Trudeau Perbarui Hubungan AS-Kanada yang Tegang

Presiden Joe Biden, Selasa (23/2), menyatakan Kanada dan Amerika Serikat adalah sahabat, sementara Perdana Menteri Justin Trudeau menyebut persahabatan itu "luar biasa." Pernyataan yang...

Dulu Sekutu Politik, Senator McConnell Kini Kecam Trump

Selama empat tahun, mantan Presiden AS Donald Trump dan pemimpin Senat Republik Mitch McConnell secara politis bersatu. Para anggota Kongres dengan bersemangat membahas tuntutan Trump...

Let us help you

Register for our free Webminar !

Tujuan utama dari layanan webinar ini adalah untuk membekali Anda dengan pengetahuan dan informasi agar dapat menjadi seorang trader pro.

Webinar ini diselenggarakan secara live dengan berbagai topik menarik, mulai dari tutorial platform trading, analisis teknikal, strategi dan robot trading, hingga update berita fundamental yang berdampak besar terhadap pergerakan market dunia.

Hubungi kami di : +6281 380 725 502