Inflasi China Melemah, Harga Minyak dan Emas Terkoreksi

JAVAFX – Data ekonomi terkini menunjukkan angka PPI China yang lebih lembut hari Jumat (09/08/2019) akan memberikan tekanan lebih pada margin, terutama untuk para produsen baja Cina, yang akan memiliki efek mengetuk kurva biaya terutama untuk bijih besi yang telah jatuh lebih dari 20% sejak pertengahan Juli

Gold Trading

Pada skala yang lebih luas, permintaan yang lemah akan terus berdampak negatif pada ekspektasi pada sisi produksi. Ini akan menjadi sebuah narasi kritis yang terus terkuak di kancah global, yang memberikan dukungan pada seruan untuk Bank Sentral agar bersikap lebih dovish.

Bejing juga menetapkan Yuan dalam perdagangan USDCNY lebih tinggi di 7,0136 tetapi sedikit lebih rendah dari ekspektasi pasar. Tidak ada reaksi di USDCNH terhadap FIX dan pasangan ini diperdagangkan di 7.0720-7.09 ketat, kemungkinan karena liburan di Singapura yang merupakan pusat penghasil pasar hub besar untuk Yuan. Tetapi pasar sangat enggan untuk menyerah pada posisi CNH pendek mengetahui bahwa Pboc dapat memindahkan meriam pasar mata uang ini sesuka hati.

Paska pengumuman data PPI China ini, harga minyak diperdagangkan lebih lunak tetapi tetap naik turun setelah pejabat Arab Saudi melakukan gerak cepat dalam merespon jatuhnya harga minyak saat ini. Arab Saudi memutukan untuk menjaga ekspor minyak pada bulan September di bawah 7 juta barel per hari.

Keputusan ini disisi lain memperkuat tingkat keresahan yang tinggi atas jatuhnya harga minyak. Dimana perhatian para pedagang akan tertuju pada intensifikasi sengketa perdagangan, hal yang cukup dianggap menantang untuk membuat kasus bullish untuk minyak. Tetapi respons cepat Arab Saudi seharusnya cukup untuk menstabilkan harga dalam jangka waktu dekat.

Sementara dalam perdagangan Emas, harga menguat dimana aksi beli yang baik terjadi ditengah penurunan dan pesanan solid yang dilaporkan berasal dari investor institusional. Aksi jual cepat seperti biasa paska kenaikan tajam tidak hadir hari ini, mungkin karena efek akhir pekan. Namun tanpa adanya berita yang tidak terduga, volatilitas di pasar spot memang rendah dimana perdagangan dalam kisaran yang relatif ketat. Kemampuan emas bertahan diatas $ 1480 pada akhir pekan, menjadi preferensi untuk melakukan akumulasi beli emas. (WK)