Inflasi Harga Konsumen AS Melonjak Di Bulan Juni

Inflasi Harga konsumen AS catat kenaikan terbesar dalam 13 tahun pada Juni di tengah kendala pasokan dan berlanjutnya rebound dalam biaya layanan terkait perjalanan dari tingkat yang tertekan pandemi saat pemulihan ekonomi mengumpulkan momentum.

Indeks harga konsumen AS naik 0,9% bulan lalu, kenaikan terbesar sejak Juni 2008, setelah naik 0,6% di bulan Mei, Departemen Tenaga Kerja mengatakan Selasa.

Dalam 12 bulan hingga Juni, CPI melonjak 5,4%, kenaikan terbesar sejak Agustus 2008 dan mengikuti kenaikan 5,0% dalam 12 bulan hingga Mei.

Tidak termasuk komponen makanan dan energi yang tidak stabil, CPI inti naik 0,9% setelah naik 0,7% pada Mei. CPI inti melonjak 4,5% pada basis tahunan, kenaikan terbesar sejak November 1991, setelah naik 3,8% pada Mei.

Tingkat inflasi tahunan telah didorong oleh penurunan angka di musim semi lalu dari perhitungan CPI. Apa yang disebut efek dasar ini sedang naik level.

Dalam survei Reuters, ekonom memperkirakan CPI keseluruhan akan naik 0,5% dan CPI inti naik 0,4%.

Vaksinasi COVID-19, suku bunga rendah, dan bantuan pemerintah hampir $6 triliun sejak pandemi dimulai di Amerika Serikat pada Maret 2020 memicu permintaan, membebani rantai pasokan, dan menaikkan harga di seluruh perekonomian.

Meskipun inflasi kemungkinan telah mencapai puncaknya, diperkirakan akan tetap tinggi hingga 2022, karena harga untuk banyak layanan terkait perjalanan masih di bawah tingkat pra-pandemi.

Ketua Federal Reserve Jerome Powell telah berulang kali menyatakan bahwa kenaikan inflasi bersifat sementara, mencatat bahwa ia mengharapkan rantai pasokan menjadi normal dan beradaptasi. Menteri Keuangan Janet Yellen berbagi pandangan itu.

Ukuran inflasi pilihan The Fed, indeks harga pengeluaran konsumsi pribadi inti, melonjak 3,4% pada Mei, kenaikan terbesar sejak April 1992.

Share this post

Analisa Fundamental

Edukasi

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.