Ini Musabab Jatuhnya Harga Emas, Ditengah Momentum Pemulihannya

JAVAFX – Carsten Fritsch, Analis Emas di Commerzbank, menyatakan bahwa arus keluar dana diperdagangan ETF yang berbasis emas pada bulan November menjadi pendorong utama di balik kejatuhan harga emas saat ini. Menurutnya, “Pasar emas terus mengalami tekanan jual bulan lalu karena sentimen investor didorong oleh berita tentang tiga vaksin potensial untuk virus COVID-19.”

Dijelaskan olehnya bahwa baru-baru ini, arus keluar tercatat pada 14 dari 16 hari perdagangan. Kemarin terlihat arus keluar dua belas ton lagi. Investor ETF dengan demikian telah menjadi faktor negatif untuk harga emas setelah pembelian mereka sebelumnya menaikkan harga antara bulan April dan Agustus.

Disisi lain, berita dari India menawarkan secercah harapan. Permintaan emas di sana tampaknya meningkat secara nyata minggu lalu karena harga yang lebih rendah. Kebangkitan permintaan fisik di Asia akan memberikan kontribusi penting untuk menstabilkan harga emas. Dan pada gilirannya, itu akan terjadi perlu menstabilkan untuk memulihkan kepercayaan investor ETF terhadap emas yang terguncang parah.

Dengan demikian, ia melihat adanya minat terbuka di pasar emas berjangka menyusut untuk sesi kedua berturut-turut pada hari Selasa, kali ini dengan hampir 3,7 ribu kontrak mengingat pembacaan awal dari CME Group. Di baris yang sama, volume turun untuk sesi kedua berturut-turut, sekarang sekitar 39,2 ribu kontrak.

Tak heran bila kemudian harga emas mampu mendapatkan kembali posisi diatas harga $ 1.800 per troy ons. Kenaikan harga pada hari Selasa ini disertai dengan menyusutnya minat terbuka dan volume, mengisyaratkan pandangan bahwa kenaikan ekstra tampaknya terkandung dalam waktu yang sangat dekat. Emas memang sedikit terkoreksi ke posisi terendah multi-bulan hari Selasa di dekat $ 1.775 peer ounce tidak boleh dikesampingkan.

Emas berusaha memperpanjang pemulihan untuk sesi kedua berturut-turut dalam perdagangan hari Rabu (02/12/2020). Sebagaimana terkonfirmasi secara teknis pada grafik per jam. Pola RSI mengintip ke wilayah overbought. Semenjak pemulihan emas dari posisi terendah lima bulan di $ 1765 memperoleh daya tarik lebih lanjut pada hari Rabu, karena kenaikkan bersiap-siap untuk menguji support kritis sebelumnya sekarang menjadi resisten di $ 1850.

Pengaturan teknis mendukung bulls, karena harga mengkonfirmasi pennant bullish breakout pada grafik per jam dalam satu jam terakhir. Validasi datang setelah logam memberikan penutupan per jam di atas resisten garis tren turun di $ 1815. Harga menembus di atas rata-rata bergerak 200 jam (HMA) di $ 1819, menawarkan semangat ekstra untuk bull XAU setelah terobosan besar.

Relative Strength Index (RSI) per jam bergerak ke wilayah overbought, saat ini di 74,05, menyiratkan bahwa harga dapat berbalik untuk menguji 200-HMA sebelum melanjutkan perjalanan ke atas menuju level $ 1850. Menembus batas ini, bisa mengekspos pola resistan sekarang support di $ 1815. Target turun selanjutnya untuk pertahanan terlihat di HMA-21 bullish di $ 1812. Pada akhirnya, momentum pemulihan tetap utuh selama logam mulia bertahan di atas level $ 1.800.

Latest Articles

Get the daily news in your inbox

Related Articles

China Berharap Kerja Sama dengan AS

China mengatakan kepada pemerintahan baru Biden pada Kamis (21/1) bahwa mereka berharap kedua negara dapat bekerja sama untuk memenuhi tantangan yang dihadapi dunia saat...

Biden Minta Persetujuan Kongres untuk $1,9 Triliun Paket Bantuan Covid-19

Pemerintahan Presiden AS terpilih, Joe Biden akan berupaya cepat mengesahkan rencana bantuan untuk virus corona bernilai $ 1,9 triliun. Hal itu diungkapkan olehcalon Menteri Keuangan...

Yellen : AS Harus Bertindak Besar Pada Paket Bantuan Stimulus Berikutnya

Janet Yellen, calon Menteri Keuangan AS akan memberi tahu Komite Keuangan Senat pada hari Selasa bahwa pemerintah harus “bertindak besar” dengan paket bantuan stimulus...

Gold Di Prediksi Akan Ke 2000, Benarkah ?

Di tengah banyaknya negara-negara yang mulai gencar melakukan vaksin, baik itu di Amerika, Eropa, bahkan Asia, dan berbagai negara-negara di belahan dunia lainnya, maka...

Let us help you

Register for our free Webminar !

Tujuan utama dari layanan webinar ini adalah untuk membekali Anda dengan pengetahuan dan informasi agar dapat menjadi seorang trader pro.

Webinar ini diselenggarakan secara live dengan berbagai topik menarik, mulai dari tutorial platform trading, analisis teknikal, strategi dan robot trading, hingga update berita fundamental yang berdampak besar terhadap pergerakan market dunia.

Hubungi kami di : +6281 380 725 502