Investor Optimis Atas Data Pekerjaan, Dolar AS Lanjutkan Penguatan Jelang NFP

Dolar bertengger di dekat tertinggi mingguan pada hari Jumat, menikmati kenaikan terbesarnya dalam sekitar sebulan setelah data pekerjaan yang kuat mengarahkan fokus investor pada kekuatan pemulihan AS dan pada kemungkinan hal itu mendorong pengetatan kebijakan.

Focus sekarang tertuju pada data tenaga kerja bulanan AS ketika data non-farm payrolls diterbitkan. Perkiraan konsensus adalah sekitar 650.000 pekerjaan telah ditambahkan pada bulan Mei, diperkirakan jauh mengalahkan angka bulan April sebanyak 266.000. sementara itu tingkat pengangguran diprediksi turun menjadi 5,9% dari bulan sebelumnya 6,1%.

Data awal yang dirilis hari Kamis menunjukan sektor swasta menambahkan pekerjaan sebanyak 978.000 dibulan Mei, jauh diatas sebelumnya 654.000 dan mengalahkan perkiraan ekonomi 645.000. sehingga mendorong dolar menguat secara luas. Dolar AS menguat 0,7% ke level tertinggi tiga minggu $1,2118 per euro dan naik dengan margin yang sama ke level tertinggi dua bulan di 110,32 yen. Mencatat kenaikan sebesar 1% terhadap Aussie dan kiwi, yang turun dari kisaran baru-baru ini ke level terendah dalam beberapa minggu.

“Jelas pedagang menutupi posisi short dolar ke dalam data pekerjaan,” kata Chris Weston, kepala penelitian di broker Pepperstone di Melbourne. Dia memperhitungkan, sebagai panduan kasar, bahwa satu juta atau lebih pekerjaan mungkin melihat Aussie turun 1% lagi, euro turun sekitar 0,8% dan nilai tukar dolar/yen naik jumlah itu karena faktor pedagang dalam respons kebijakan terhadap penguatan ekonomi.

Yang menjadi masalah adalah apakah angka tersebut menunjuk pada jenis perekrutan yang dapat menyebabkan kehilangan pekerjaan akibat pandemi, mengangkat upah dan mendorong pertumbuhan luas AS yang meningkatkan defisit perdagangan dan membebani dolar – atau apakah hal-hal terasa seperti terlalu panas.

Volatilitas tersirat dolar/yen semalam melonjak ke tertinggi sebulan di atas 8% pada hari Kamis dan volatilitas tersirat euro/dolar mencapai tertinggi sejak pertengahan Maret. Brian Daingerfield, kepala strategi mata uang G10 di Natwest, melihat payrolls mencetak sekitar 550.000 sebagai angka “goldilocks”: “cukup kuat untuk menjaga pemulihan tetap berjalan tetapi tidak cukup kuat untuk menarik ketakutan yang meruncing ke depan.”

Itu bisa melemahkan dolar secara luas, katanya, mengimbangi pergerakan Kamis, sementara obligasi bisa memulihkan kekuatan yang hilang. Benchmark hasil Treasury AS sepuluh tahun naik 3,6 basis poin menjadi 1,6300% semalam dan dibuka di dekat level itu di Tokyo pada hari Jumat.

Indeks dolar AS, yang mengukur greenback terhadap sekeranjang enam mata uang utama, naik 0,7% pada hari Kamis untuk berdiri di tertinggi tiga minggu di 90,600 pada hari Jumat.

Share this post

Analisa Fundamental

Edukasi

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.