Jawaban OPEC+ Atas Permintaan Biden, Mungkin Tidak Akan Menaikkan Produksi

JAVAFX – OPEC+, khususnya Arab Saudi dan Rusia sedang memikirkan kembali strategi produksi mereka setelah rencana beberapa negara untuk melepaskan minyak mentah dari stok darurat, menurut sumber Wall Street Journal yang tidak disebutkan namanya.

Amerika Serikat mengumumkan pada hari Selasa kemarin bahwa mereka akan melepaskan cadangan minyak strategis sebanyak 50 juta barel minyak mentah dimana sebanyak 32 juta barel diantaranya adalah yang perlu diganti pada tahun-tahun mendatang, dan pelepasan yang dipercepat sebesar 18 juta barel yang sudah direncanakan. China, Jepang, Korea Selatan, dan Inggris juga mengumumkan akan melepas SPR mereka atas penawaran Amerika Serikat.

Rilis SPR terjadi setelah upaya gagal Presiden Biden untuk membujuk OPEC+ agar meningkatkan produksi pada tingkat yang lebih cepat daripada yang direncanakan kelompok itu—yang merupakan peningkatan 400.000 bph setiap bulan hingga seluruh volume produksi kelompok dipulihkan.

Pada hari-hari menjelang rilis, OPEC+ memperingatkan negara-negara penghasil minyak itu bahwa mereka akan menanggapi rilis SPR yang terkoordinasi. Meskipun tidak menentukan jumlahnya, OPEC+ mengatakan pada saat itu bahwa mereka mungkin mempertimbangkan kembali rencananya untuk menambah produksi tambahan.

Sumber-sumber WSJ sekarang menyarankan bahwa ketika kelompok itu bertemu lagi untuk membahas rencana produksinya, mereka mungkin memikirkan kembali strateginya—apa yang sampai sekarang hampir merupakan kesimpulan terdahulu—untuk meningkatkan produksi sebesar 400.000 barel per hari.

Delegasi OPEC+ mengatakan bahwa Arab Saudi dan Rusia sedang mempertimbangkan jeda dalam peningkatan tersebut. Sementara itu, UEA dan Kuwait tidak ada jeda, kata sumber WSJ. Bahkan setelah rilis SPR diumumkan pada hari Selasa, UEA kemarin mengatakan bahwa OPEC+ mungkin akan tetap berada di jalurnya. Rusia dan Arab Saudi menyumbang sekitar setengah dari total produksi OPEC+.

Harga minyak naik tak lama setelah berita itu tersiar, berayun dari kerugian hari ini menjadi kenaikan, dengan WTI diperdagangkan naik 0,15%.

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Share this post

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.