Jelang Pernyataan Powell, Harga Emas Tembus Level Psikologis

JAVAFX – Harga emas naik di atas level psikologis utama $1.800 pada perdagangan di akhir pekan, didukung oleh permintaan safe-haven dan penurunan dolar AS menjelang pidato Gubernur bank sentral AS yang akan dipindai untuk isyarat pengurangan stimulus.

Harga emas di pasar spot naik 0,6% menjadi $1,802,39 per ons pada Sabtu (28/08/2021) pukul 01:45 wib. Logam ini bertahan di atas $1.800 untuk sebagian besar dari tujuh bulan hingga Februari tahun ini, tetapi telah gagal untuk mempertahankan penembusan di atas level tersebut sejak saat itu. Namun, harga naik sekitar 1,3% untuk minggu ini, kenaikan mingguan terbesar dalam lebih dari tiga bulan.

Sementara dalam perdagangan di bursa berjangka AS, harga emas naik 0,7% menjadi $1,807,00.

Indek dolar AS turun 0,1%, meningkatkan daya tarik emas bagi pemegang mata uang lainnya. Greenback juga menuju penurunan mingguan.

Aksi beli emas sebagai asset safe-haven muncul dari meningkatnya ketegangan geopolitik di Afghanistan. Ada beberapa kekhawatiran tentang eskalasi lebih lanjut di sana. Sebagaiana diketahui bahwa pasukan AS membantu mengevakuasi warga Afghanistan yang putus asa untuk melarikan diri dari pemerintahan Taliban bersiap untuk serangan lebih lanjut setelah seorang pembom bunuh diri ISIS menewaskan 85 orang, termasuk 13 tentara AS di luar gerbang bandara Kabul.

Investor sekarang menunggu pernyataan Gubernur Federal Reserve AS Jerome Powell di Jackson Hole, Wyoming. Setiap petunjuk tentang kapan Fed akan mulai mengurangi program pembelian asetnya, menjadi hal yang paling ditunggu pelaku pasar, bukanlah perubahan kebijakan . The Fed diyakini justru akan menyiapkan panggung untuk pengumuman pengurangan di bulan depan.

Tentu saja saat momentum ini muncul, emas akan menjadi asset yang paling rentan, dolar berdiri untuk mendapatkan keuntungan yang paling besar. Kisaran perdagangan emas diantara $ 1.750 dan berusaha menguji harga $ 1.700, saat pengumuman pengurangan ini dilakukan.

Pada hari Kamis, para pembuat kebijakan Fed yang berasal dari kelompok yang hawkish mendesak The Fed untuk mulai mengurangi pembelian obligasi yang mereka rasa menjadi tidak efektif.  Emas dipandang sebagai lindung nilai terhadap inflasi dan penurunan nilai mata uang. Tapering Fed akan mengatasi kedua kondisi tersebut sehingga mengurangi daya tarik emas sebagai tujuan investasi.

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Share this post

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.