Kekhawatiran Badai Ganggu Pasokan, Minyak Naik Ke Tertinggi Enam Minggu

Harga minyak mencapai level tertinggi enam minggu pada hari Selasa di tengah kekhawatiran bahwa badai lain dapat mempengaruhi produksi di Texas minggu ini bahkan ketika industri AS berjuang untuk kembali ke tingkat produksi normal setelah Badai Ida mendatangkan malapetaka di Pantai Teluk pada minggu lalu.

Harga minyak menguat untuk hari ketiga berturut-turut, dengan minyak mentah Brent mencapai level tertinggi sejak 2 Agustus di awal sesi. Minyak mentah Brent naik 40 sen, atau 0,5%, pada $73,91 per barel pada 0.444 GTM, setelah naik setinggi $74,08 sebelumnya. Minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) AS juga naik 45 sen, atau 0,6%, menjadi $70,90 per barel, setelah naik sejauh $71,05 sebelumnya – tertinggi sejak 3 Agustus. Brent naik 0,8% sementara WTI naik 1,1% pada hari Senin.

Evakuasi sedang berlangsung pada hari Senin dari anjungan minyak lepas pantai Teluk Meksiko AS ketika penyuling minyak darat mulai bersiap untuk Badai Tropis Nicholas, yang menuju ke pantai Texas dengan angin 70 mil per jam (113 kph), mengancam pesisir Texas dan Louisiana yang masih dalam pemulihan dari Badai Ida.

“Investor khawatir badai Nicholas akan menyebabkan gangguan lebih lanjut di Pantai Teluk pada saat mereka mencoba mencari tahu berapa lama produksi minyak mentah akan tetap terpengaruh dari badai sebelumnya,” kata Satoru Yoshida, analis komoditas di Rakuten Securities.

Lebih dari 40% produksi minyak dan gas Teluk AS tetap offline pada hari Senin, dua minggu setelah badai Ida menghantam pantai Louisiana, menurut regulator lepas pantai Bureau of Safety and Environmental Enforcement (BSEE).

Kenaikan harga juga terjadi di tengah kekhawatiran atas gangguan minyak di Libya. National Oil Corp (NOC) mengatakan operasi pemuatan di terminal minyak Libya Es Sider dan Ras Lanuf dilanjutkan pada hari Jumat setelah penghentian satu hari, tetapi seorang insinyur di pelabuhan Hariga mengatakan bahwa pelabuhan itu masih ditutup oleh pengunjuk rasa.

Tapi Hiroyuki Kikukawa, manajer umum penelitian di Nissan Securities, memperkirakan reli harga minyak akan berumur pendek. “Kenaikan pasar mungkin terbatas karena musim mengemudi musim panas AS berkurang sementara ada potensi peningkatan pasokan dari rencana pelepasan minyak dari cadangan strategis di Amerika Serikat dan China serta kemungkinan dimulainya kembali ekspor minyak oleh Iran,” katanya.

Pemerintah AS setuju untuk menjual minyak mentah dari cadangan darurat negara kepada delapan perusahaan termasuk Exxon Mobil dan Chevron, di bawah lelang yang dijadwalkan untuk mengumpulkan uang bagi anggaran federal. Para pedagang mencatat rencana pelepasan minyak dari cadangan minyak strategis (SPR) China dapat meningkatkan pasokan yang tersedia di konsumen minyak terbesar kedua di dunia itu.

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Share this post

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.