Kesepakatan Fase Pertama, Lebih Cepat Dari Jadwal

JAVAFX – Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengatakan fase pertama dari kesepakatan perdagangan China adalah ‘lebih cepat dari jadwal’ pada hari Senin (28/10/2019). “Mungkin kita akan menandatanganinya,” kata Presiden AS, menjelang pertemuan dengan Xi Jinping di KTT Apec di Chili.

Gold Trading

“Kami tampaknya mungkin lebih cepat dari jadwal untuk menandatangani bagian yang sangat besar dari kesepakatan Cina, dan kami akan menyebutnya fase satu tetapi itu bagian yang sangat besar,” kata Trump. “Itu akan mengurus para petani. Itu akan mengurus beberapa hal lainnya. Ini juga akan mengurus banyak kebutuhan perbankan. ” Ditambahakan olehnya bahwa “Jadi kita akan mengatakan, sedikit lebih cepat dari jadwal, mungkin jauh lebih cepat dari jadwal,” kata presiden. “Mungkin kita akan menandatanganinya.”

Komentar itu muncul menjelang pertemuan Trump dengan Presiden Cina Xi Jinping pada KTT Kerjasama Ekonomi Asia-Pasifik di Chili pada 16-17 November.

Sebelumnya pada hari Jumat, Menteri Keuangan Steven Mnuchin dan Perwakilan Dagang Robert Lighthizer berbicara dengan Wakil Perdana Menteri China Liu He tentang kesepakatan itu dan mengisyaratkan kemajuan negosiasi selama akhir pekan. Kantor Perwakilan Dagang AS merilis pernyataan setelah panggilan tersebut, mencatat bahwa kedua belah pihak “membuat kemajuan dalam masalah-masalah khusus”.

Pada awal bulan ini, Beijing menyatakan akan membeli produk pertanian AS senilai US $ 40 miliar hingga US $ 50 miliar, sebagai imbalan atas penghentian kenaikan tarif 15 Oktober yang dijadwalkan Amerika Serikat. Namun, para pejabat telah membiarkan potensi kenaikan tarif pada 15 Desember. (WK)