Khawatirkan Resesi, Harga Minyak Merosot

Harga minyak mentah sejalan dengan penurunan yield Obligasi dan dolar AS pada perdagangan di hari Kamis (04/08/2022) karena kekhawatiran resesi meningkat menyusul peringatan Bank of England tentang penurunan yang berlarut-larut dan menjelang laporan ketenagakerjaan AS yang ditunggu-tunggu pada hari Jumat. Bursa saham Wall Street sendiri berakhir beragam, dengan keuntungan untuk saham dengan pertumbuhan tinggi diimbangi oleh hambatan dari saham energi, karena laporan pekerjaan utama AS muncul pada hari Jumat.

Harga minyak mentah turun ke tingkat yang terakhir terlihat sebelum invasi Rusia ke Ukraina. Minyak mentah berjangka Brent turun $2,66 pada $94,12, penutupan terendah sejak 18 Februari. Minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) turun $2,34 pada $88,54, penutupan terendah sejak 2 Februari. Pedagang khawatir bahwa resesi apa pun dapat menghambat permintaan energi, sementara lonjakan tak terduga dalam persediaan minyak mentah AS juga membebani harga, yang telah melonjak menjadi lebih dari $ 120 per barel tahun ini.

Sementara indek S&P 500 sedikit lebih rendah ke 4.151,94, mundur dari penutupan tertinggi dua bulan di sesi sebelumnya. Indek Dow Jones turun 0,26% menjadi 32.726,82, dari mendekati level tertinggi hampir tiga bulan pada hari Rabu. Indek Nasdaq berayun ke kenaikan 0,44% menjadi 13,311.041 dari kerugian awal yang curam, memperpanjang puncak tiga bulan.

Imbal hasil Treasury dua tahun turun 7,1 basis poin menjadi 3,0366%, sedangkan imbal hasil 10-tahun turun 6,3 basis poin menjadi 2,6846%. Kesenjangan di antara mereka melebar hingga negatif 39,2 basis poin pada hari sebelumnya, inversi terdalam sejak tahun 2000. Kurva terbalik sering dipandang sebagai pertanda resesi.

Presiden Bank Federal Reserve Cleveland Loretta Mester mengatakan pada hari Kamis bahwa ekonomi saat ini tidak dalam resesi, tetapi risiko tetap meningkat, sambil mengulangi tekad bank sentral untuk melanjutkan pengetatan agresif sampai ada bukti kuat dari penurunan inflasi.

Laporan non-farm payrolls bulanan AS akan diawasi ketat pada hari Jumat untuk petunjuk apakah pasar tenaga kerja yang ketat akan terus mendorong kenaikan upah. Data Kamis pagi menunjukkan kenaikan dalam klaim pengangguran.

Ekspektasi kuat bahwa saat ini memang menuju resesi tergambar jelas, dan sinyal paling jelas datang dari pasar Treasury. Segalanya terlihat lebih buruk, dan ada ekspektasi bahwa kita akan melihat lebih banyak pelemahan ekonomi di akhir tahun, dan sulit untuk optimis pada ekuitas.

Bank of England memberikan kenaikan suku bunga setengah poin yang lebih besar pada hari sebelumnya, bergabung dengan Federal Reserve dan bank sentral lainnya dalam perlombaan yang dipercepat untuk mengejar inflasi. Tapi kenaikan itu diperkirakan secara luas, dan investor lebih fokus pada peringatan bank sentral bahwa resesi yang panjang sedang dalam perjalanan.

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Share this post

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.