Komisioner PBB berharap rilis laporan soal Uighur China pekan depan

Komisioner Tinggi HAM Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada Kamis mengatakan masih berencana merilis laporan pada akhir masa jabatannya pekan depan mengenai perlakuan China terhadap minoritas Uighur di Xinjiang.​​​ Komisioner Tinggi Michelle Bachelet, mantan presiden Chile, menghadapi sejumlah kritikan dari masyarakat sipil karena dianggap bersikap terlalu lembek terhadap China selama kunjungan awal tahun ini.

Sejak itu, ia mengatakan tidak akan mencalonkan diri kembali sebagai komisioner karena alasan pribadi.

Laporan itu dikerjakan selama tiga tahun dan dijanjikan selama berbulan-bulan, namun tidak publikasi atas alasan yang tak jelas.

“Kami berupaya keras untuk melakukan apa yang telah saya janjikan,” kata Bachelet saat konferensi pers di Jenewa.

Ia merujuk pada janji untuk merilis laporan tersebut sebelum akhir masa jabatannya pada 31 Agustus.

Ketika diminta untuk menjelaskan mengapa laporan itu belum dirilis, ia mengatakan perlu waktu untuk memadukan informasi baru dari kunjungannya pada Mei.

Sejumlah kelompok pembela hak asasi manusia (HAM) menuding Beijing melakukan pelanggaran terhadap warga Uighur yang tinggal di kawasan barat, Xinjiang, seperti pemanfaatan buruh paksa secara massal di kamp-kamp penahanan.

China membantah keras tudingan persekusi negara terhadap Uighur, minoritas etnik yang sebagian besar terdiri dari kalangan Muslim dan berjumlah sekitar 10 juta orang.

Pada Juli, Reuters melaporkan bahwa China meminta Bachelet agar mengubur laporan tersebut, menurut sepucuk surat berbahasa China, yang keberadaannya dibenarkan oleh sejumlah diplomat dari negara-negara yang menerimanya.

Bachelet mengonfirmasi pada Kamis telah mendapatkan surat itu, yang katanya ditandatangani sekitar 40 negara lainnya.

Ia menambahkan bahwa kantornya tidak akan meladeni tekanan semacam itu.Xinjiang gelar kompetisi olahraga etnis minoritas

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Share this post

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.