Kondisi Konsumen AS Yang Baik-baik Saja Membuat Pasar Percaya Diri, Harga Komoditi Naik Lagi

Baik komoditi minyak mentah dan emas, sama –sama berakhir dengan catatan kenaikan dalam perdagangan di akhir pekan. Pelemahan Dolar AS diikuti dengan data ekonomi AS yang menunjukkan bahwa kondisi konsumen baik-baik saja ditengah inflasi yang tinggi membuat investor berani menambah posisi belinya.

Harga minyak mentah menguat setelah Exxon dan Chevron sama-sama optimis tentang prospek permintaan minyak mentah dan ekspektasi bahwa OPEC+ tidak akan menaikkan produksi pada September. Pasar minyak akan tetap ketat ke depan karena tingkat produksi OPEC+ di bawah 320%.

Sementara sinyal kehancuran permintaan bahan bakar juga pudar, minyak sepertinya akan segera menemukan pijakan harga di atas $100 per barel. Harga minyak mentah WTI tidak dapat mempertahankan level $100 karena aksi ambil untung mulai terjadi.

Jumlah rig minyak AS membukukan kenaikan enam, sehingga totalnya menjadi 605 rig, tetapi itu tidak banyak berarti untuk berpikir bahwa pasar ini akan menemukan keseimbangan dalam waktu dekat.

Harga emas tampaknya kembali menguat, dengan berakhir di $1781 per troy ons. Kini emas nampak otomis mendekati harga $1800 kembali, meskipun masih memerlukan katalis baru yang cukup kuat untuk dapat mewujudkan itu segera terjadi. Perdagangan di minggu depan akan menjadi kunci untuk emas dan fokus pasar akan jatuh pada pembicaraan Fed.

Data ETF mungkin tidak menunjukkan investor beralih ke bullish pada logam mulia, tetapi pasar obligasi memberikan beberapa tanda yang menjanjikan. Puncak hasil sudah ada dan itu akan membuat keajaiban bagi emas tanpa bunga. Data ekonomi yang kuat akan mendukung mungkin memiringkan ekspektasi ke harga dalam kenaikan suku bunga yang sedikit lebih besar, tetapi kekhawatiran Fed atas kenaikan agresif sudah lama hilang.

Pada perdagangan di bursa saham AS, terjadi reli setelah laporan pendapatan sektor teknologi unggulan yang kuat, dari harapan bahwa Fed akan segera berputar menjadi lebih tenang dalam semester kedua tahun ini. Investor menerima sedikit pukulan dari laporan pendapatan Apple dengan garis atas dan bawah.

Kerugian yang menonjol adalah pendapatan Mac yang merupakan penurunan pertama dari pandemi, yang disebabkan oleh kendala pasokan dan hambatan FX. Nomor iPhone dan layanannya solid dan akan membuat banyak orang percaya bahwa konsumen masih baik-baik saja. Jumlah ekspor dari China juga sangat bagus, meskipun ada pembatasan COVID. CEO Cook mengakui bahwa kendala pasokan yang datang telah sedikit kurang. Apple sendiri menahan diri untuk tidak memberikan panduan tetapi mengatakan mereka yakin pertumbuhan pendapatan dari tahun ke tahun akan meningkat pada kuartal berikutnya.

Data ekonomi menunjukkan bahwa inflasi masih panas dan itu akan menunda Fed dengan memberikan poros dovish sebagaimana yang diharapkan banyak orang di Wall Street. Ada banyak data dan mengingatkan kita bahwa ekonomi harus bersiap untuk Fed yang agresif.

Tingkat upah yang menjadi alat ukran favorit Fed yang diawasi ketat datang sedikit lebih panas dari perkiraan dan data pendapatan & pengeluaran pribadi tetap kuat. The Fed memiliki jalur yang jelas untuk melanjutkan kenaikan agresif, tetapi banyak yang masih berpikir mereka akan cenderung untuk pergi hanya setengah poin pada bulan September. Beberapa laporan inflasi dan ketenagakerjaan lagi akan menentukan bagaimana Fed yang bergantung pada data akan berperilaku setelah musim panas.

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Share this post

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.